Jaga Ketahanan Pangan, AKABRI 89 Beri Dukungan Pengelolaan Lahan Kepada Masyarakat Banten

17 July 2020 - 14:53 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Tanggerang. Sebagai bentuk kepedulian Polri bersama TNI untuk membantu perekonomian masyarakat dalam menghadapi “Adaptasi Bebiasaan Baru”, AKABRI 89 berikan dukungan kepada masyarakat Banten dalam Pengelolaan Lahan tidur untuk Ketahanan Pangan di kawasan Penunggangan Barat, Cibodas Tangerang, Banten, Jumat(17/07/2020).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kabaharkam Mabes Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., didampingi Laksda TNI Coki Hutabarat, Kakor Binmas Irjen Pol Risyapudin saat melakukan survei lokasi seluas 11 hektar untuk dikelola dalam ketahanan pangan.


Dalam penjelasannya, Kabaharkam Polri mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI dan Bapak Kapolri, dampak karena Covid-19 tidak hanya kesehatan saja, tetapi dampak ekonomi juga dirasakan masyarakat. Oleh karena itu AKABRI 89 merasa tergerak untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat Covid-19. Rencananya lahan tidur tersebut akan ditanami Palawija, penyebaran puluhan ribu benih ikan lele, ikan mujair dan ikan gurame yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat.


"Selain itu kami juga akan menyediakan 1.000 paket sembako yang nantinya akan dibagikan pada kegiatan tersebut, yang dikhususkan untuk masyarakat yang terkena PHK di masa pandemi Covid-19, petugas tempat ibadah, kaum dhuafa, pondok pesantren, anak yatim, tukang ojek dan penyandang disabilitas. Serta membantu biaya operasional lahan sebesar 100 juta dan memberikan 50 juta kepada komunitas Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane) yang turut membantu melestarikan lingkungan dengan menjaga alam, khususnya sungai Cisadane dari sampah," tambah Kabaharkam Polri.

"Ini merupakan dukungan dari kami Akabri 89, semoga support yang kami berikan ini bisa menjadikan contoh kepada rekan lainnya. Sehingga ruang yang ada dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan keasriaannya bisa tetap dijaga, serta pengelolaaan yang baik ini bisa bermanfaat, karena pertanian adalah penopang kehidupan kita semua," tutup Kabaharkam Polri.

(sm/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment