Indonesia Dorong ASEAN Cegah Kasus TPPO

4 September 2023 - 19:45 WIB
Foto: RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pemerintah Indonesia mendorong negara-negara ASEAN mencegah kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut, kasus TPPO saat ini semakin meningkat di kawasan Asia Tenggara. Hal itu dikatakannya dalam sidang ke-27 ASEAN Political Security Community (APSC) Council, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (4/9/23).

Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, pada KTT ke-42 di Labuan Bajo lalu, para kepala negara telah menyepakati ASEAN Leaders Declaration Combatting Trafficking in Persons. “Sebagai mandat dari APSC Council, kita tidak boleh mengesampingkan tantangan spesifik di kawasan kita ini,” ujarnya, Senin (4/9/23).

“Kini saatnya kita terus mengimplementasikan komitmen ini. Kita harus memastikan upaya pencegahan, persekusi pelaku, dan perlindungan korban,” tambah Menko Polhukam Mahfud MD.

Menko Polhukam juga menyoroti masih belum adanya kemajuan signifikan implementasi 5 Poin Kesepakatan oleh junta militer Myanmar. Hal ini  yang menghambat kerja sama ASEAN secara keseluruhan.

Baca Juga:  Bawaslu Prediksi Puncak Kasus Hoaks Pemilu Terjadi di Februari 2024

Selain itu, Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan tentang situasi global dipengaruhi oleh menguatnya rivalitas geopolitik dan perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung. Ia mengingatkan ASEAN tidak ingin hal serupa terjadi di kawasan.

Selain TPPO, ASEAN juga perlu memperkuat kerja sama pemberantasan kejahatan transnasional lainnya. Seperti peredaran gelap narkoba, pencucian uang, dan terorisme melalui manajemen perbatasan dan berbagai informasi.

Para delegasi yang hadir menyampaikan tantangan keamanan di kawasan. Menurut mereka ASEAN berperan kuat dan sentral dalam menghadapi tantangan internal dan eksternal kawasan.

Menanggapi hal itu, Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan, ASEAN harus mampu menghadapi tantangan saat ini dan ke depan.  Di antaranya dengan kerja sama politik dan keamanan yang solid untuk membawa kemakmuran rakyat ASEAN bersama.

“Karena itu, kerja sama politik dan keamanan ASEAN harus menitik beratkan pada kawasan dan berpusat pada komunitas ASEAN. Memastikan semuanya terlibat dan memiliki akses, adalah kunci untuk kestabilan dan kemakmuran kawasan ASEAN,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD.

(ta/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment