Hari Terakhir Libur Lebaran, Ribuan Pemudik Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

26 April 2023 - 13:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementerian Perhubungan melaporkan 1.083 pemudik arus balik (pemilir) sepeda motor yang mengikuti program Mudik Gratis telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Mereka datang dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Para pemilir tiba sekitar pukul 08.00 dengan durasi pelayaran selama 16 jam. "Program Mudik Gratis menggunakan kapal laut ini dapat mengurangi angka kecelakaan pengendara sepeda motor di jalan raya," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Novie Royanto, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sejumlah Perairan Indonesia pada 26-27 April

Novie menyebut pihaknya mendapat respons positif dari para pemilir. Perjalanan kapal laut dirasakan lebih nyaman dan aman dibanding mengendarai sepeda motor langsung dari Jakarta ke Semarang.

"Kami akan melanjutkan program ini karena semakin lama minat warga mengikuti program Mudik Gratis semakin meningkat," tutup Novie.

Pada mudik lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan mengadakan empat kali keberangkatan kapal laut untuk peserta sepeda motor untuk arus mudik Jakarta-Semarang dan Semarang-Jakarta. Total, ada 10.000 penumpang dan 5.000 sepeda motor dalam empat kali perjalanan tersebut.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment