Hari Bhayangkara ke-76, Papua Bisa Lakukan Transformasi

6 July 2022 - 17:19 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Papua. Upacara puncak Hari Bhayangkara ke-76 digelar di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (5/7/22).

Kegiatan itu diikuti seluruh jajaran Polda dan Polres baik secara langsung maupun virtual. Polda Papua turut berpartisipasi dalam upacara puncak Hari Bhayangkara ke-76 yang digelar pagi kemarin.

Seluruh pejabat utama Polda Papua dan Forkopimda Provinsi Papua serta sejumlah anggota mengikuti upacara yang digelar di Mako Brimob Polda Papua.

Upacara yang dilangsungkan di Akpol Semarang ini diikuti langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Kapolda Papua IrjenPolMathius D. FakhiriS.I.K., usai upacara mengatakan, dirinya sangat mengharapkan khususnya Polri di Papua agar bisa melakukan transformasi sebagaimana harapan pimpinan Polri, yakni presisi.

“Transformasi ini harus kita percepat, mudah-mudahan dalam proses ini kita betul-betul bisa ada di hati masyarakat di Papua, sesuai   yang sudah kita lakukan yakni pendekatan presisi,” jelas Kapolda Papua. 

“Kalau masyarakat bisa meyakini bahwa Polri memang sudah mulai berubah untuk melayani, maka akan memberikan kontribusi sesuai harapan Presiden, dimana kita bisa menghadirkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar lebih baik dari waktu lalu,” sambung Kapolda Papua.

Selaku Kapolda Papua, pada  HUT ke-76 Bhayangkara, pihaknya juga menyampaikan permohonan  maaf kepada masyarakat, apabila masih ada harapan-harapan terhadap pelayanan Polri yang masih belum memuaskan.

“Tentunya hal ini manusiawi, tapi kita akan berusaha di HUT ke-76 Bhayangkara ke depan kita akan memperbaiki pelayanan kita terhadap masyarakat yang ada di Papua,” tegas Kapolda Papua.

Setelah upacara, Polda Papua menggelar Syukuran hari Bhayangkara ke-76 yang berlangsung di Hotel Suni Hotel & Convention Abepura.

Dalam syukuran tersebut hadir para tamu mulai Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, serta tamu undangan.

Kapolda Papua dalam syukuran tersebut menyampaikan, ucapan terima kasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas dalam meningkatkan kinerja serta pelayanan dalam rangka mewujudkan organisasi Polri yang unggul dan dipercaya masyarakat, serta dapat bermanfaat bagi kejayaan bangsa dan negara dan bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita menyadari bahwa seluruh capaian dan keberhasilan yang telah diraih dalam setiap pelaksanaan tugas, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta segenap stakeholders dan masyarakat,” ujar Kapolda Papua.

Kapolda Papua juga mengingatkan anggotanya bahwa ke depan Polri akan dihadapkan pada berbagai agenda kalender kamtibmas yang membutuhkan antisipasi dan pengamanan yang sungguh-sungguh. Salah satunya yaitu pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) dan rangkaian kegiatan Pilkada tahun 2024.

“Menghadapi agenda tersebut, saya berharap seluruh jajaran Polda Papua mempersiapkan rencana pengamanan dengan sebaik–baiknya. Lakukan identifikasi kerawanan – kerawanan dan potensi konflik yang ada dan lakukan langkah–langkah antisipasinya,” pinta Kapolda Papua.

Selain itu, menurut Kapolda Papua, pelaksanaan pengamanan tersebut jangan dianggap sebagai kegiatan yang rutin karena bisa membuat lengah. Semua ancaman dan risiko harus diperhitungkan dengan cermat karena setiap kegiatan memiliki faktor dan tingkat kerawanan yang berbeda.

“Kalau semua perencanaan dan persiapannya telah dilakukan dengan baik, ditindaklanjuti dengan chek dan re-chek, saya yakin pelaksanaan dan hasilnya akan baik,” tutup Kapolda Papua.

Setelah sambutan acara syukuran dilanjutkan pemotongan tumpeng. Dalam Syukuran Hari Bhayangkara ini juga, Kapolda Papua memberikan penghargaan kepada  anggota Polda Papua dan TNI Angkatan Darat yang berprestasi dalam pengabdian.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP. Mansur, SH., bersama tujuh orang rekannya, Kasat Reskrim Polres Keerom, Iptu Jetni L Sohilait bersama 16 orang rekannya, Kapolsek Heram, AKP. Frengki Rumbiak bersama 8 orang rekannya, serta Danpos Satgas Yonif 756/WMS, Serka Bernard Dominggus K bersama 24 orang rekannya.

Kasat Reskrim Polres Mimika, bersama 7 orang personelnya diberi penghargaan atas keberhasilannya mengungkap dan menangkap pemilik produksi narkoba serta  jaringannya dengan barang bukti narkotika jenis tembakau sintetis serta peralatan dan bahan bahan yang digunakan.

Mereka juga mengungkap tindak pidana pencucian uang hasil tindak pidana narkotika serta mengungkap pengedar dan pemasok narkotika lintas provinsi.

Adapun Kasat Reskrim Polres Keerom bersama 16 personelnya menerima penghargaan atas keberhasilannya mengungkapkan kasus kepemilikan amunisi  pembuatan senjata rakitan di wilayah hukum Polres Keerom.

Sementara penghargaan untuk Kapolsek Heram, dan 8 orang rekannya, diberikan atas keberhasilannya  mengevakuasi jenazah Brigadir Anumerta Selvanus Mario Sandi dan berhasil mendapatkan kembali dua pucuk senjata api laras panjang jenis SS1 V1 inventaris Pospol Oksamol, saat menjalankan tugas BKO di Polres Pegungungan Bintang.

Penghargaan kepada Serka Bernanrd Dominggus, Kisiwaitow bersama 24 rekannya, diberikan atas keberhasilannya membantu tugas-tugas Kepolisian dengan mengamankan pelaku dan barang bukti berupa ganja hasil razia di depan Pos Pamtas Yonif 756/WMS. 

 

Sumber : ceposonline.com


Share this post

Sign in to leave a comment