Guna Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemenperin Siap Bangun BDI di Batam

30 July 2024 - 14:00 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kemenperin (Kementerian Perindustrian), menyatakan siap membangun Balai Diklat Industri (BDI) di Kota Batam yang mulai direalisasikan pada 2025-2028 untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) industri.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Drs. Masrokhan, mengatakan, pihaknya telah menerima lahan seluas 8.765 meter persegi dari Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Kemenko Perekonomian dan BP Batam memberikan dukungan atas rencana pendirian BDI Batam dan merekomendasikan untuk dilakukan akselerasi persiapan pendirian BDI Batam, khususnya terkait dengan penyediaan lahan oleh BP Batam, rencana revitalisasi atas lahan dan bangunan, serta persiapan naskah akademik untuk pengajuan ke Kementerian PAN RB," ujarnya, dilansir dari laman Antaranews, Senin (29/7/24).

Dalam kesempatannya ia mengatakan bahwa balai diklat tersebut nantinya berfokus pada pelatihan dengan spesifikasi kompetensi industri bidang logam, mesin, aeronautika, teknologi informasi, elektronika dan perkapalan. Hal itu karena tenaga kerja sektor itu dibutuhkan untuk pemajuan industri di Batam.

Diakhir kesempatan ia mengungkapkan diklat yang diselenggarakan merupakan pelatihan berbasis 3 in 1. Artinya, dalam satu diklat, peserta bisa mendapatkan tiga manfaat sekaligus, yaitu pelatihan kompetensi, sertifikat yang berguna dalam peningkatan karir, serta penempatan kerja di industri terkait.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment