Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Wilayah Bula, Maluku Hari Ini

28 January 2024 - 13:12 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Info gempa hari ini berkekuatan Magnitudo 4,0 mengguncang wilayah Bula, Maluku, Minggu (28/1/24) sekitar pukul 11:30 WIT.

Episenter gempa terletak pada koordinat 2.98 LS ; 130.5 BT atau tepatnya berlokasi di laut 15 km Utara Bula-SBT pada kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Djati Cipto Kuncoro, dilansir dari inews, Minggu (28/1/24).

Baca Juga: [Hoaks] Sulawesi Dilanda Banjir Bandang

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Bula dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - getaran dirasakan nyata dalam rumah). Dilaporkan, dampak gempa ini telah menimbulkan terjadinya II-III MMI.

“Hingga pukul 11:50 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” tambahnya.

Diimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindar bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” tutupnya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment