Gempa Magnitudo 4.9 Guncang Wilayah Sinabang

5 July 2024 - 12:53 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Info gempa bumi yang melanda Indonesia tepatnya di wilayah Sinabang, Jumat (5/7/24).

Gempa ini berkekuatan magnitudo 4.9, gempa terjadi sekitar pukul 02:55 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 1.32° LU dan 93.62 BT, atau tepatnya pada jarak 331 km Barat Daya Sinabang, Provinsi Aceh.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Aceh Besar, Jumadin menjelaskan, Berdasarkan kekuatan dan kedalaman gempa bumi tergolong pada gempa bumi menengah dan dangkal.

"Lokasi pusat gempa bumi menunjukkan gempa bumi diakibatkan oleh zona subduksi pantai barat Aceh," jelasnya, dilansir dari rri.

Zona subduksi pantai barat Aceh termasuk satu dari beberapa sumber aktif gempa bumi di Indonesia. Hingga saat ini, belum adanya laporan gempa bumi dirasakan oleh masyarakat, dan monitoring gempa bumi Stasiun Geofisika Aceh Besar juga tidak mendeteksi adanya gempa bumi susulan.

Gempa bumi yang berpusat di laut dengan kedalaman 5 km tersebut, tidak berpotensi Tsunami. BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment