Gempa Bumi Magnitudo 4,0 Guncang Wilayah Lombok

20 August 2023 - 13:30 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Gempa Bumi Magnitudo 4.0 mengguncang Lombok, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gempa bumi dengan magnitudo 4.0 pada Minggu (20/8/23) pukul 09:52:32 WIB.

Lokasi episenter terletak pada koordinat 8.26 lintang selatan dan 116.42 bujur timur, dengan pusat gempa berada di daratan sekitar 30 kilometer di sebelah Barat Laut Lombok Utara. Gempa ini terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Skala getaran (MMI) yang digunakan untuk mengukur intensitas gempa mencatat bahwa gempa ini dirasakan dengan tingkat III di Lombok Utara, III di Lombok Timur, dan II di Lombok Barat.

Baca Juga:  Gempa Bumi Guncang Wilayah Malut Pagi Ini

Meskipun tidak mencapai tingkat getaran yang tinggi, gempa ini tetap memberikan peringatan bagi warga di sekitar wilayah tersebut untuk tetap waspada terhadap potensi dampak yang mungkin timbul.

BMKG senantiasa mengumpulkan informasi terbaru dan akurat terkait gempa bumi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang situasi ini kepada masyarakat.

Diingatkan bahwa informasi yang diberikan masih bersifat awal dan dapat berubah seiring dengan perkembangan data yang lebih lengkap.

#Gempa (UPDATE) Mag:4.0, 20-Agu-23 09:52:32 WIB, Lok:8.26 LS, 116.42 BT (Pusat gempa berada di darat 30 km BaratLaut Lombok Utara), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) III Lombok Utara, III Lombok Timur, II Lombok Barat #BMKG," tulis BMKG.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment