Gelar Apel Kasatwil, Kapolri: Tingkatkan Performa hingga Cegah Polarisasi

15 December 2022 - 07:58 WIB
Foto : Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengatakan seluruh jajaran Polri harus melakukan persiapan yang matang dan baik serta profesional dalam menghadapi seluruh agenda nasional maupun internasional. 

"Termasuk yang sudah kita laksanakan, yaitu pengamanan KTT G20, dan ini menjadi salah satu pengalaman terbaik yang harus kita replikasi ke depan dalam menghadapi event-event internasional yang akan diselenggarakan. Karena Indonesia akan menjadi salah satu keketuaan ASEAN. Dan juga ada beberapa turnamen olahraga internasional yang harus kita amankan," jelas Kapolri dalam kegiatan apel Kasatwil di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/12/22).

Baca Juga : Apel Kasatwil 2022, Kapolri Tegaskan Pesan Soliditas ke Seluruh Kapolda

Dari segi agenda nasional, Kapolri menginstruksikan seluruh jajarannya melakukan segala persiapan dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2024. Polri harus menjadi garda terdepan dalam mencegah terjadinya polarisasi masyarakat pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Sebab, menekankan, persatuan dan kesatuan adalah nilai yang harus dijaga oleh seluruh elemen bangsa Indonesia.

"Sehingga mau tidak mau hal-hal terkait persiapan pengamanan baik dari sisi langkah-langkah preemtif dan preventif, langkah-langkah yang kita lakukan untuk mencegah polarisasi, menjaga persatuan dan kesatuan dengan melibatkan seluruh elemen bangsa tentunya menjadi bagian yang harus kita persiapkan. Di samping tentunya upaya-upaya kita untuk melakukan penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang menjadi atensi dan perhatian masyarakat," jelas Kapolri.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga menekankan seluruh personel Kepolisian kembali meraih kepercayaan publik yang tinggi sebagaimana pernah diraih oleh institusi Korps Bhayangkara. Menurutnya, seluruh personel Kepolisian, dari satuan terbawah hingga tingkat Mabes Polri, telah sepakat berkomitmen melakukan hal terbaik demi meraih kepercayaan publik yang tinggi.

"Kita sepakat untuk bekerja keras, bersama-sama meningkatkan soliditas. Untuk menghadapi tantangan tugas ke depan mulai dari melaksanakan tugas pokok Polri sendiri, mengamankan kebijakan pemerintah, mengawal agenda-agenda Pemerintah dan juga mengamankan agenda nasional dan internasional sehingga bisa berjalan dengan baik," ungkap Kapolri dilansir dari detik.com.

Kapolri juga menambahkan bahwa apel Kasatwil membahas kesiapan Polri bersinergi dalam pengamanan Nataru. "Akhir tahun kita akan menghadapi Nataru. Nanti secara khusus hari Jumat kita akan melaksanakan Rakor Pam dengan Kementerian terkait. Ini menjadi bagian dari yang kita persiapkan," jelasnya.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment