DKPP Sebut Aduan Masyarakat Terhadap KPU dan Bawaslu Jelang Pemilu Kian Tinggi

22 August 2023 - 21:00 WIB
Foto: RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) menyatakan pengaduan masyarakat terhadap KPU dan Bawaslu jelang Pemilu 2024 semakin tinggi.

DKPP melihat, aduan masyarakat itu menandakan kepedulian tinggi akan kredibilitas penyelenggaraan pemilu.

"Mulai dari pendaftaran calon peserta pemilu, kampanye, pencoblosan, jangan sampai terjadi kesalahan sekecil apa pun. Kesadaran masyarakat era sosial media ini membuatnya semakin aware terhadap apa yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu, KPU-Bawaslu," ujar Ketua DKPP Heddy Lugito dalam keterangan persnya, Selasa (22/8/23).

Baca Juga:  Ketua DPR Dorong Pemerintah Promosikan Penggunaan Transportasi Umum untuk Atasi Polusi Udara

Apalagi, masyarakat kini sering membuat forum diskusi membahas Pemilu 2024. Terutama, mengenai dugaan pelanggaran oleh penyelenggara pemilu.

"Harus diperhatikan, masyarakat sekarang mendiskusikan forum-forum sosmed ketika ada pelanggaran penyelenggara pemilu. Kemudian, di grup-grup WA mereka, hingga akhirnya kadang-kadang belum apa-apa sudah dilakukan penghakiman," ujar Heddy.

Karena keaktifan masyarakat itulah, ia menegaskan, aduan-aduan selalu masuk kepada DKPP soal penyelenggaraan Pemilu 2024. Heddy menyadari juga, tingkat kesadaran dan pengawasan masyarakat semakin tinggi.

"Banyak pengaduan, karena kesadaran masyarakat sudah semakin tinggi, kesadaran untuk mengawasi penyelenggara itu makin tinggi. Karena kesadaran makin tinggi, harus diimbangi juga kinerja dengan standar makin tinggi juga oleh penyelenggara pemilu," ujar Heddy.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment