Ditjenim Hukum dan Hak Asasi Manusia Bekerja Sama Layanan Keimigrasian Dengan VFS Global

17 October 2024 - 12:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim) yang merupakan struktur bagian dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, resmi telah bekerja sama dengan VFS Global di bidang layanan keimigrasian. Layanan keimigrasian pada website VFS Global akan mulai beroperasi pada Desember 2024 atau sebelum musim liburan akhir tahun.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, S.E., M.E., M.B.A., mengatakan kerja sama ini untuk meningkatkan minat WNA berkunjung ke Indonesia. Pasalnya, Imigrasi telah menerapkan layanan berbasis online untuk memudahkan akses orang asing dalam mendapatkan visa.

“Jejaring kerja sama VFS Global dengan airlines memungkinkan warga negara asing membeli tiket pesawat sekaligus memperoleh visa, misalnya pada platform milik maskapai Emirates. Saya berharap kerja sama serupa dapat terjalin dengan Garuda Indonesia untuk semakin mempermudah proses perjalanan ke Indonesia,” jelasnya, dilansir dari laman media RRI, Rabu (16/10/24).

Baca Juga: Kukuhkan Pataka Daksha Prasastya, Komitmen SSDM Polri Cetak SDM Unggul Wujudkan Indonesia Emas 2045

Dalam kesempatannya ia mengatakan bahwa pihaknya telah menerapkan digitalisasi visa elektronik yang bisa di-apply online, dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Selain itu, digitalisasi visa elektronik juga dapat melewati autogate yang ada di Bandara Indonesia.

“Ditjen Imigrasi menawarkan solusi digital termutakhir yang meningkatkan pengalaman bagi warga negara asing yang ingin mengunjungi Indonesia. Dalam kerja sama dengan VFS Global, berkontribusi terhadap peningkatan kedatangan orang asing,” ujarnya.

Sementara itu, CEO VFS Global, Zubin Karkaria, mengatakan pihaknya sangat gembira dapat turut menyediakan layanan elektronik visa Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan destinasi yang sangat populer bagi para pelancong di seluruh dunia.

“Kami merasa terhormat untuk bermitra dengan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk layanan online ini. Opsi baru pengajuan visa melalui website VFS Global akan meningkatkan pengalaman pengajuan visa, sehingga dapat mendorong penggunaan platform digital," jelasnya.

VFS Global adalah perusahaan multinasional yang membantu pengurusan visa. Perusahaan ini memiliki jejaring kuat, termasuk pengurusan visa untuk negara-negara Eropa atau visa Schengen.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment