BMKG: Sebagian Kota Besar di Indonesia Berpotensi Hujan

19 August 2024 - 18:30 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan disertai kilat dan angin kencang akan terjadi di berbagai kota besar di Indonesia pada Senin (19/8/24).

Prakirawan BMKG, Eriska menjelaskan bahwa daerah konfluensi berada di perairan utara Kalimantan, Laut China Selatan, Laut Natuna Utara, perairan utara Maluku Utara, dan perairan utara Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” ungkap Eriska

Eriska juga menerangkan bahwa, BMKG memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Samarinda, Tanjung Selor, Gorontalo, Manado, Palu, Ternate, Ambon, dan Manokwari.

Beberapa kota besar diprakirakan berawan, meliputi Palembang, Lampung, Pangkal Pinang, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Mataram, Denpasar, Kupang, Banjarmasin, Palangka Raya, Makassar, dan Kendari.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment