Bersama stakeholder, Polda Metro Jaya Akan Fasilitasi Pembalap Liar

16 December 2021 - 15:29 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana mengadakan focus group discussion (FGD) dengan stakeholder untuk memfasilitasi pembalap liar agar bisa menyalurkan hobinya melalui fasilitas yang resmi.

Melalui FGD itu, Ditlantas Polda Metro Jaya berencana pula menentukan sirkuit yang akan digunakan oleh para pebalap liar.

FGD bertujuan untuk merangkul para pembalap liar di ibu kota yang kerap meresahkan agar bisa menyalurkan bakatnya sesuai arahan Kapolda Metro Jaya.

"Inshaallah Selasa pekan depan kita adakan FGD. Jadi formatnya diskusi santai dengan para komunitas, Pemprov, Dishub DKI, perwakilan bengkel, dan komunitas motor," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P., saat dihubungi, Kamis (16/12/2021).

Dirlantas Polda Metro Jaya menambahkan, nantinya pihak-pihak yang diundang FGD akan membahas soal konsep balapan untuk memfasilitasi para pembalap liar tersebut.

"Rencana awal kita adakan balapan jalanan macam road race maupun street race. Ini bertujuan untuk akomodasi para pembalap-pembalap liar supaya tersalurkan hobinya atau bahkan memang dia ada bakat di situ sehingga diarahkan ke wadah yang benar," tambah Dirlantas Polda Metro Jaya.

Selain itu, Dirlantas Polda Metro Jaya juga berencana mencarikan dan mematangkan pemilihan lokasi yang representatif untuk dijadikan sebagai sirkuit balap.

"Dari diskusi itu, kami akan bicarakan beberapa alternatif sirkuit. Sementara ini baru di Jakarta dulu," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya.

Untuk itu, ia bersama jajarannya akan menggelar pertemuan dengan komunitas motor yang terdiri dari joki, mekanik bengkel, dan diskusi ini bukanlah sebuah jebakan bagi para pelaku balap liar.

Kapolda Metro Jaya ini menjelaskan bahwa pihaknya benar-benar ingin memfasilitasi para pembalap liar di Jakarta agar bisa memacu kuda besi tanpa harus kucing-kucingan dengan polisi.

Hal itu bertujuan agar bakat para pembalap liar ini bisa tersalurkan dengan baik dan dilakukan di tempat yang representatif.

"Mudah-mudahan akan lahir pembalap-pembalap MotoGP dari event kita ini, dari Polda Metro Jaya. Mandalika kita sudah punya, tinggal nyari rider-nya," tuturnya.

Share this post

Sign in to leave a comment