Berikut Tari Tradisional Asal Kalimantan Tengah
12 May 2022 - 18:37 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kalimantan Tengah (Kalteng) dikenal sebagai provinsi di Indonesia yang mayoritas penduduknya merupakan Suku Dayak. Selain dikenal sebagai provinsi dengan beragam tempat wisatanya, Kalimantan Tengah juga dikenal sebagai salah satu provinsi yang kaya akan budaya. Salah satu yang cukup populer yaitu tarian tradisinalnya yang cukup populer. Kamis, (12/5/22).

Berikut Tari Tradisional Asal Kalimantan Tengah

1. Tari Giring-Giring

Tarian yang berasal dari Suku Dayak Maanyan ini dikenal pula dengan sebutan lain, yaitu gangerang. Di mana gangeran memiliki arti sebagai bamboo berisi biji piding. Sementara untuk simbolis yang dibawakan dalam tarian satu ini adalah untuk menyatakan ekspresi kegembiraan atau rasa senang.

Sedangkan gerakan khas yang dibawakan berupa hentakan satu tibgkat gantar yang berada di tangan kiri ke lantai disertai tangan kanan yang memegang bamboo berisi kerikil. Hal tersebut membuat setiap gerakan akan membunyikan suara khas pada tariannya.

2. Tari Kayau

Berita Kalimantan juga seringkali mengangkat tentang kebudayaan yang ada di Kalimantan termasuk tentang budaya yang salah satunya adalah Tari Kayau. Tarian satu ini memiliki arti memotong kepala musuh dan dilakukan oleh Suku Dayak Iban.

Sementara pesan yang disampaikan adalah terkait keberanian, kekuasaan, dan kejantanan untuk melindungi rakyat suku tersebut dari musuh. Nah, alat yang digunakan dalam tarian satu ini berupa Mandau untuk mengayuh.

3. Tari Kinyah Mandau

Selanjutnya terdapat tari Kinyah Mandau sebagai salah satu tarian daerah yang menampilkan unsur bela diri. Selain itu, terdapat unsur lain yang juga diselipkan dalam Kinyah Mandau yakni seni teatrikal dan perang.

Keunikan sebagai tarian perang yang juga menggunakan Mandau sebagai senjatanya ini membuat pertunjukkan tari Kinyah Mandau masuk ke dalam berita terkini yang ada di Kalimantan Tengah.

4. Tari Manasai

Selain beberapa tarian di atas, terdapat tari Manasai yang tak kalah unik dan menariknya. Memiliki nama lain sebagai tarian selamat datang seringkali membuat tarian tradisional satu ini ditarikan guna menyambut tamu atau wisatawan yang datang ke Kalimantan Tengah. Ciri khas dari tarian tradisional satu ini adalah bentukan lingkaran selang seling yang dilakukan oleh penari wanita dan pria.



5. Tari Tambun dan Bungai

Tarian tradisional yang berasal dari Palangkaraya sebagai ibukota provinsi Kalimantan Tengah ini menyimbolkan pahlawan Tambun dan pengusiran musuh. Keunikan lain yang membuat pertunjukan tarian satu ini masuk ke berita Kalimantan terbaru seperti adegan pengusiran musuh yang hendak merampas hasil panen rakyat. Adegan pada tarian tersebut juga sekaligus menjadi ciri khas dari tari Tambun dan Bungai.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.051.205

Sembuh

5.890.826

Meninggal

156.481

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 18 May 2022 - 02:51
Sign in to leave a comment