Berikut Rekomendasi Wisata Alam Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi

24 May 2022 - 00:17 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Wisata alam Jawa Timur memang menjadi primadona tersendiri di Indonesia. Jika Anda berminat untuk menghabiskan waktu dengan berlibur, kawasan Jawa Timur dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Senin, (23/5/22).

Jawa Timur dengan topografi serta kenampakan alamnya membuat banyak tempat menjadi menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya yakni wisata pantai, pulau, deretan pegunungan, hingga taman nasional yang memukau.

Bukan pemandangan alamnya saja yang eksotis, Jawa Timur juga memiliki deretan daya tarik sendiri. Di antaranya seperti kuliner hingga budaya masyarakatnya yang juga cukup berbeda dari yang lainnya.

Berikut Rekomendasi Wisata Alam Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi :

1. Gili Labak

Rekomendasi wisata alam Jawa Timur yang pertama yakni Gili Labak. Gili Labak yang tepatnya berada di Sumenep ini merupakan tempat wisata alam berbasis pulau.

Sehingga, bagi Anda yang ingin merasakan suasana berbeda dari lainnya, Gili Labak bisa dicoba untuk dikunjungi bersama dengan orang-orang tercinta. Bukan hanya indah, Gili Labak juga menyajikan pemandangan bawah laut yang eksotis berupa bebatuan dasar.

Anda tak akan mudah bosan di lokasi yang satu ini. Sebab, Gili Labak diketahui memiliki luas hingga 5 hektare untuk dijelajahi.

2. Pantai Pulau Merah

Selain wisata pulau, kawasan Jawa Timur juga memiliki deretan wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Salah satu destinasi wisata alam Jawa Timur yang berikutnya ini tak lain adalah Pantai Pulau Merah.

Di tempat ini, Anda dapat memanjakan mata dengan menyaksikan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah bibir pantai. Tingginya bahkan mencapai 200 meter.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah, letaknya yakni berada di Desa Sumberagung, Banyuwangi. Selain menikmati keindahannya, Anda dapat mengabadikan momen dengan berswafoto.

3. Pantai Teluk Hijau

Selain Pantai Pulau Merah, tempat wisata yang dapat dikunjungi berikutnya yakni Pantai Teluk Hijau. Pantai Teluk Hijau tersebut tak lain berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi.

Seperti namanya, pantai yang satu ini memang memiliki air laut dengan warna eksotis. Lantaran masih asri dan ditumbuhi alga, warna airnya pun nampak seperti biru kehijau-hijauan.

Selain itu, ada daya tarik tersendiri dari Pantai Teluk Hijau. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan batu karang yang berjajar di bibir pantai dengan begitu menarik.

4. Pantai Banyu Tibo

Rekomendasi wisata alam Jawa Timur yang keempat yaitu Pantai Banyu Tibo. Nama dari pantai yang satu ini tak lain terinspirasi dari pemandangan alam di lokasi itu sendiri.

Di pantai eksotis ini, terdapat air terjun cantik yang langsung mengalir ke arah pantai di bagian selatan. Lantaran memiliki air terjun, Pantai Banyu Tibo pun juga mempunyai pemandangan berupa dua buah tebing yang menarik untuk dinikmati.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Selain keindahan pantai yang eksotis dan indah, kawasan Jawa Timur juga memiliki banyak tempat yang mendapatkan label sebagai taman nasional. Salah satunya yakni tempat wisata alam Taman Nasional Alas Purwo.

Taman Nasional Alas Purwo tepatnya berada di dua kecamatan yang berbeda yakni Tegaldlimo serta Purwoharjo, Banyuwangi. Destinasi alam yang satu ini dapat memanjakan mata para pengunjungnya dengan deretan hutan, savana, gua, hingga pantai yang cantik.

Selain itu, terdapat pula beragam keanekaragaman hayati yang jarang ditemui di tempat lain. Di antaranya yakni rusa, banteng, kijang, lutung, macan tutul, hingga beragam tanaman yang indah.

6. Taman Nasional Baluran

Selain Taman Nasional Alas Purwo, Anda juga dapat berkunjung ke salah satu wisata alam Jawa Timur yang lainnya. Tempat wisata yang sama halnya menyajikan keindahan alam Jawa Timur tersebut tak lain berupa Taman Nasional Baluran.

Yang berbeda, Taman Nasional Baluran merupakan habitat dari 26 jenis mamalia, 44 jenis flora, serta ratusan jenis burung. Saking cantiknya, Taman Nasional Baluran ini telah dikenal luas hingga ke mancanegara.

7. Taman Nasional Bromo Tengger

Destinasi wisata alam Jawa Timur yang tak kalah terkenalnya yakni Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru. Wisata alam yang ketujuh ini tak lain berlokasi di empat Kabupaten sekaligus yakni Pasuruan, Malang, Probolinggo, dan Lumajang.

8. Gunung Ijen

Tempat wisata alam Jawa Timur yang berikutnya yakni Gunung Ijen. Gunung Ijen merupakan destinasi wisata yang terletak di antara Bondowoso dan Banyuwangi.

Daya tarik wisata alam yang satu ini yakni terletak di fenomena alamnya. Salah satunya yakni blue fire yang seringkali terjadi di seputaran kawasan Gunung Ijen.

9. Gunung Semeru

Selain itu, tempat wisata alam Jawa Timur yang tak kalah indah dan menarik adalah Gunung Semeru. Letaknya yakni berada di kawasan administratif Lumajang serta Malang.

Daya tariknya tak lain adalah ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3.600 mdpl. Hal ini membuat Gunung Semeru diklaim sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

10. Gunung Welirang

Satu lagi tempat wisata alam Jawa Timur yang dapat memanjakan mata. Tempat tersebut tak lain yakni Gunung Welirang.

Gunung Welirang sendiri berlokasi di Kabupaten Mojokerto dan Malang. Daya tariknya yakni munculnya kandungan belerang yang melimpah.

Share this post

Sign in to leave a comment