Berikut Negara Dengan Durasi Siang Terpanjang

7 June 2022 - 16:46 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Setelah matahari terbit, pasti akan terbenam. Artinya ada siang dan malam. Masing masing negara memiliki pembagian waktunya tersendiri, sehingga ada perbedaan durasi siang dan malam.

Sama halnya dengan Indonesia. Pembagian siang dan malam terbagi cukup seimbang, yakni masing masing sebanyak 12 jam. Senin, (6/6/22).

Meskipun begitu, ada beberapa negara yang memiliki durasi siang yang panjang. Bahkan, saat malam pun akan terlihat matahari.

Berikut Negara Dengan Durasi Siang Terpanjang

1. Kanada

Selain Norwegia, ada Kanada. Tepatnya di kota Nunavut yang juga bersinggungan dengan Lingkar Arktik.

Saat musim panas, durasi waktu siang akan terjadi selama 2 bulan. Lalu ketika tiba musim dingin, Nunavut akan kehilangan matahari selama 30 hari lamanya.

2. Alaska

Fenomena yang sama juga terjadi di Alaska, tepatnya di kota Barrow. Pada akhir Mei hingga akhir Juli, durasi waktu siang disana sangat panjang bahkan matahari tidak terbenam.

3. Islandia

Islandia merupakan negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Pada musim panas, matahari akan bersinar selama 24 jam penuh.

4. Finlandia

Pada negara Finlandia, matahari akan bersinar terang selama musim panas. Artinya, siang hari akan terjadi selama 73 hari lamanya.

Kemudian saat musim dingin justru tidak ada cahaya matahari. Ini juga menjadi satu alasan kenapa masyarakat sana jarang tidur saat musim panas dan banyak tidur saat musim dingin.

5. Swedia

Mulai dari awal Mei hingga akhir Agustus, matahari di Swedia terbenam pada tengah malam dan terbit pada pukul 4 pagi. Artinya, mereka mengalami durasi siang sepanjang 23 jam

6. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa bagian utara. Norwegia biasa disebut sebagai negara Nordik dengan luas total 385.207 kilometer persegi dan berbatasan dengan Swedia.

Norwegia terletak di Lingkar Arktik dan kerap disebut sebagai the Land of the Midnight Sun. Pada bulan Mei hingga akhir Juli, matahari disana tidak pernah terbenam.

Fenomena tersebut terjadi selama jangka waktu 76 hari. Di Svalbard, Norwegia, matahari bersinar secara terus menerus mulai dari tanggal 10 April hingga 23 Agustus.

Share this post

Sign in to leave a comment