Berikut Beberapa Pesona Keindahan Alam Indonesia yang Dikenal Dunia

6 September 2022 - 18:54 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Indonesia terkenal di mancanegara sebagai negara dengan alam yang indah. Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata dengan pesona keindahan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Berikut Beberapa Pesona Keindahan Alam Indonesia yang Dikenal Dunia :

1. Pulau Weh

Pulau Weh (atau We) atau dikenal juga dengan Pulau Sabang adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra, bagian utara daratan Aceh.

Pulau ini merupakan salah satu dari 111 pulau kecil terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terletak di Laut Andaman.

Pulau Weh dijuluki surga di ujung barat Indonesia karena keindahan alamnya yang menjadi megnet wisata, terutama turis mancanegara.

2. Danau Toba

Keindahan alam Indonesia juga dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Danau Toba yang terletak di Sumatra Utara. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia.

Di tengah-tengah danau ini ada daratan yang cukup luas yaitu Pulau Samosir. Kamu bisa berkunjung ke Pulau Samosir dengan menumpang kapal feri selama 30 menit. Di Pulau Samosir, kamu bisa mengeksplorasi sejarah dan kebudayaan masyarakat lokal.

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan keindahan alam Indonesia yang menakjubkan. Meskipun berstatus sebagai gunung berapi aktif, Bromo tidak pernah sepi dari pengunjung.

Ada sejumlah spot menarik di sekitar kawasan Gunung Bromo yang menjadi favorit wisatawan. Salah satunya, Puncak Penanjakan yang kerap menjadi lokasi untuk menyaksikan panorama matahari terbit.

Puncak Penanjakan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari toilet, Mushola, hingga kios makanan.

Selain Puncak Penanjakan, kamu juga wajib berkunjung ke Pasir Berbisik. Ini adalah hamparan padang pasir seluas 5.920 hektare yang terletak di jalur menuju puncak Bromo.

4. Pulau Komodo

Satu lagi keindahan alam Indonesia yang telah mendunia di Nusa Tenggara Timur, yakni Pulau Komodo. Di destinasi wisata alam Indonesia satu ini hidup tak kurang dari 2.000 ekor Komodo, hewan endemik Indonesia yang juga telah populer di mata dunia.

Namun, daya tarik dari pulau Komodo tak hanya pada hewan reptil purba-nya saja, melainkan juga keindahan alamnya yang sangat memukau.

5. Derawan

Keindahan alam Indonesia terbaik selanjutnya bisa kamu temukan di gugusan kepulauan Derawan yang berada di provinsi Kalimantan Timur.

Gugusan kepulauan satu terkenal sebagai salah satu destinasi diving dan snorkeling yang popularitas keindahannya telah mendunia.

Salah satu titik penyelaman populer di Derawan adalah Blue Trigger Wall yang memiliki kedalaman mencapai sepuluh meter.

Share this post

Sign in to leave a comment