Berikut Beberapa Makanan Gorontalo dan Bone Bolango

26 September 2022 - 18:44 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kuliner Gorontalo dan Bone Bolango dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia. Ciri khas makanan dari Gorontalo dan Bone Bolango adalah pengunaan rempah yang kaya, bahan boga bahari, dan santan.

Berikut Beberapa makanan Gorontalo dan Bone Bolango :

1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta adalah makanan khas Gorontalo dan Bone Bolango berupa sup yang berisi jagung pulut atau jagung manis, santan, kemangi, kelapa cukur, dan terong. Binte biluhuta biasanya juga dicampurkan udang atau ikan untuk menambah kaya rasa.

Semua bahan di binte biluhuta merupakan hasil alam dari Gorontalo dan Bone Bolango. Rasa binte biluhuta ini sangat segar, apalagi ketika dicucurkan jeruk nipis dan sambal. Jagung pulut memberi sensasi letusan kecil ketika digigit dan pulen pada bagian dalamnya.

2. Tuna Milu Dabu-Dabu

Ikan tuna panggang diberi sambal dabu-dabu yang rasanya segar. Sebagai pelengkap Chef Rachmad juga memberikan puree jagung yang creamy untuk memperkaya rasa.

3. Ilabulo

Ilabulo adalah olahan sagu yang dicampur dengan aneka protein seperti hati dan ampela ayam, kulit ayam, serta telur rebus. Kemudian semua adonan tersebut dibungkus dalam daun pisang dan dibakar. Rasa ilabulo ini gurih, pulen, dan aromanya sangat harum.

4. Nasi Campur Goro-Bol

Nasi kuning dengan isian berbagai lauk hasil alam Gorontalo dan Bone Bolango seperti sate ikan tuna, ayam bakar iloni, tumis pepaya muda, dan sambal rica. Nasi kuningnya sendiri memiliki rasa yang kaya dan aroma sangat harum, ditambah aneka lauk yang kaya rasa dan bumbu yang terserap sempurna.

Share this post

Sign in to leave a comment