Berikut Beberapa Lokasi Wisata Unik di Banyuwangi

16 June 2022 - 18:24 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Menyebut magnet wisata di Jawa Timur, yang terpikir pertama kali di benak kita adalah Malang dan Gunung Bromo. Malang memang menyimpan segudang tempat wisata, mulai dari Jatim Park I-III, Batu Night Spectacular, hingga Museum Angkut. Kamis, (16/6/22).

Namun, selain Malang dan Gunung Bromo, ada kawasan lain yang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Timur salah satunya Banyuwangi.

Berikut Beberapa Lokasi Wisata Unik di Banyuwangi :

1. Kawah Ijen

Ini adalah destinasi wajib di Banyuwangi, Kawah Ijen berlokasi di kawasan Gunung Ijen dengan ketinggian sekitar 2.443 meter di atas permukaan laut. Pemandangan di puncak Gunung Ijen memang memukau. Namun perlu melakukan pendakian yang cukup panjang untuk menuju puncak.

Anda bisa menyaksikan keajaiban alam yang tergolong langka, yaitu Api Biru atau Blue Fire. Suhu di sekitar Kawah Ijen biasanya sangat dingin saat malam dan pagi hari. Untuk itu, kenakanlah baju hangat saat menuju ke Kawah Ijen dan turunlah dari puncak sebelum siang hari.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau yang berjuluk Africa van Java ini adalah destinasi wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Hamparan sabana luas dengan kawanan rusa yang merumput adalah pemandangan lumrah di sini, dan jika beruntung Anda dapat melihat banteng Jawa melintas.

3. Bangsring Underwater

Air laut yang bersih dan jernih akan memudahkan Anda menyaksikan ikan warna-warni yang berenang di antara terumbu karang di dasar laut. Kawasan perairan di sini cukup dangkal.

Tidak jauh dari kawasan Bangsring, terdapat area perkebunan teh. Perkebunan teh di sini berlokasi sekitar satu jam perjalanan dari pantai menuju kawasan dataran tinggi Banyuwangi.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Di Taman Nasional Alas Purwo diperkirakan terdapat sekitar 700 jenis tumbuhan, lebih dari 300 spesies burung liar, dan satwa reptil di dalam area hutannya. Bahkan, jika beruntung, Anda bisa menemukan burung merak di sini. Menariknya lagi, terdapat Situs Kawitan atau candi yang menjadi tempat peribadatan umat Hindu di Jawa Timur.

Daya tarik Alas Purwo lainnya adalah Pantai Ngagelan. Pantai ini terkenal sebagai pilihan lokasi satwa penyu langka yang kerap bertelur di sekitar pantai.

5. G-Land (Pantai Plengkung)

Pantai Plengkung atau G-Land, lokasi favorit dan ideal bagi penyuka surfing. Disebut-sebut sebagai pantai dengan ombak terbaik di dunia. (Foto: Barry Kusuma)

Pantai Plengkung atau lebih beken dengan sebutan G-Land bagi para peselancar (surfer) disebut-sebut sebagai pantai yang mempunyai ombak terbaik di dunia untuk berselancar. Pantai ini berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo dan memiliki 7 jenis gulungan ombak. Pada tiap bulan April-September, gelombang ombak di Pantai Plengkung diperkirakan mampu mencapai ketinggian 8 meter dengan rentang panjang sejauh 2 kilometer.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.086.212

Sembuh

5.913.307

Meninggal

156.731

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 June 2022 - 02:33
Sign in to leave a comment