Berikut Beberapa Kuliner Khas Kalimantan Selatan

4 August 2022 - 21:03 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Di Kalsel, terdapat beragam aktivitas dan destinasi wisata yang bisa dikunjungi, di antaranya Desa Wisata Kubah Basirih dan Goa Batu Hapu. Selain itu, ada banyak varian kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Kamis, (04/08/22).

Berikut Beberapa Kuliner Khas Kalimantan Selatan :

1. Juhu Umbit Sawit

Juhu Umbut Sawit adalah makanan khas Palangkaraya, Kalimantan Timur, yang berbahan dasar dari bonggol pohon kelapa atau umbut rotan. Pengolahannya pun terbilang sangat mudah, umbut rotan hanya perlu dipotong tipis-tipis kemudian direndam dengan air agar warnanya tidak berubah jadi merah. Selanjutnya, umbut rotan dimasak bersama dengan rempah-rempah.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan berasal dari Banjarmasin, Kalimantan dan biasa disajikan bersama ikan gabus, bukan opor. Ikan gabus yang sudah dipanggang akan disiram kuah bersantan dengan racikan rempah tradisional seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga dan pala.

3. Iwak Pakasam

Ikan khas Hulu Sungai Tengah (HST) disebut juga Ikan Pakasam atau Iwak Semu. Ikan ini biasanya diawetkan lebih dulu sebelum diolah. Pengawetannya menggunakan garam dan beras ketan, sehingga rasa yang dihasilkan sedikit asam akibat fermentasi bakteri asam laktat.

Namun, kalau sudah digoreng dengan irisan bawang merah, cabe hijau dan tomat, makanan khas Kalimantan ini akan menghasilkan cita rasa yang gurih. Karena proses pembuatannya diawetkan, olahan Ikan Pakasam Kalimantan bisa disimpan dalam waktu lama.

4. Soto Banjar

Saking populernya, Soto Banjar khas Kalimatan dapat ditemukan di mana-mana. Soto ini berbahan utama ayam suwir yang dipadukan dengan rendaman kuah kaya rempah.

Kadang, ditemukan pula Soto Banjar Kalimantan berkuah keruh karena diolah dengan campuran susu. Isian soto ini cukup lengkap, mulai potongan wortel, perkedel, telur rebus, dan ketupat.

5. Bingka Khas Kalimantan

Berbagai varian Kue Bingka sangat populer di Kalimantan Selatan karena bercita rasa manis, legit, dan bertekstur lembut. Kue yang bisa ditemukan di toko-toko jajanan khas Kalimantan ini terbuat dari tepung terigu dan santan. Biasanya, adonan kue juga ditambah dengan berbagai bahan lain, seperti tapai, labu, kentang, pandan dan lain-lain.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.267.137

Sembuh

6.057.237

Meninggal

157.171

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 13 August 2022 - 13:35
Sign in to leave a comment