Berhasil Tangani Karhutla, Polda Riau Raih Reward dari Lemkapi

19 August 2020 - 13:45 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Siak. Terobosan inovatif Polda Riau dalam menangani kebakaran hutan dan lahan kali ini berhasil menoreh ditingkat nasional. Prestasi tersebut berhasil raih penghargaan Promoter Reward dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) yang diberikan secara simbolis di Kecamatan Kotogasib, Kabupaten Siak, Selasa(18/8/2020).

Dalam penjelasannya, Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr. Edi Saputra Hasibuan mengatakan bahwa aplikasi Lancang Kuning Polda Riau ini benar-benar efektif dan akurat dalam memantau titik api, aplikasi ini bahkan layak dijadikan aplikasi nasional untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

"Saat ini Kementerian dan pemerintah pusat juga telah menggunakan aplikasi ini. Jadi memang sudah layak dapat penghargaan, namun demi keselamatan masyarakat ke depan dashboard lancang Kuning akan ditingkatkan untuk mengatasi kasus kebakaran hutan dan lahan yang ada di beberapa Provinsi di Indonesia," pungkas Direktur Eksekutif Lemkapi.


Untuk diketahui, selain meraih Reward dari Lemkapi ada juga dua personel yang menerima penghargaan Pin Perak dan Piagam yang diserahkan langsung oleh Kapolda Riau karena atas dedikasinya dan prestasinya yang aktif melakukan pemadaman Karhutla serta aktif dalam pembuatan laporan di Aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

(sm/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment