Bandara Soetta Pastikan Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN

2 May 2023 - 11:32 WIB
Foto: rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan Bandara Internasional Soekarno Hatta telah siap menyambut para delegasi ASEAN Summit ke-42. Acara yang digelar Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-10 Mei itu dipastikan dapat pelayanan maksimal.

"Kami sudah koordinasi dengan seluruh stakeholder memastikan pelayanan dan keamanan untuk mereka. Kami menjamin kelancaran penerbangan maupun proses kedatangan dan keberangkatan menuju Labuan Bajo," ujar Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin, Selasa (2/5/2023).

Pertemuan para kepala negara Asia Tenggara ini dinilai sangat penting sehingga pihaknya harus memastikan suksesnya event internasional tersebut. "Bandara Soetta, salah satu pintu masuk bagi para delegasi KTT ASEAN untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo," tutur Awaluddin.

Baca Juga:  Dinilai Sukses Amankan Ramadhan 2023, Jadi Salah Satu Modal Penting Perbaiki Citra Polri

Tidak hanya itu, Awaluddin menyatakan, jika seluruh bandara yang dikelola PT AP II akan ikut mendukung, terutama sosialisasi mengenai gelaran KTT ke-42 ASEAN. "Ada 20 bandara AP II yang akan mendukung sosialisasi KTT ke-42 ASEAN melalui seluruh digital banner yang ada di terminal penumpang," ujar Awaluddin.

Executive General Manager Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana menambahkan bahwa kedatangan delegasi dari luar negeri disiapkan melalui Terminal 3. Selain itu, disiapkan juga Gedung VIP Terminal 3 bagi para tamu VVIP, VIP serta menteri dari negara-negara ASEAN.

"Delegasi yang datang dari luar negeri dan tiba di Terminal 3 akan menemui hospitality desk. Mereka akan menjalani proses kedatangan internasional," jelas Dwi.

Kemudian, Terminal 1, 2, dan Terminal 3 juga disiapkan untuk keberangkatan rute domestik para delegasi menuju Labuan Bajo. "Penerbangan setiap hari dari Bandara Soetta ke Labuan Bajo dioperasikan tiga maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Citilink dan Batik Air," ujar Dwi.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment