AMMTC-18 2024 Selanjutnya Resmi Dilaksanakan di Negara Laos

24 August 2023 - 14:00 WIB
Foto: Antara

Tribartanews.polri.go.id - Labuan Bajo. Negara Laos secara resmi akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan tahunan AMMTC ke-18 2024 dan memegang status keketuaan pertemuan setingkat menteri dalam penanggulangan kejahatan transnasional.

Penyerahan dan penerimaan jabatan terjadi pada Selasa malam, (22/8/23) di Labuan Bajo, NTT. Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai Ketua AMMTC ke-17 2023, menyerahkan jabatan tersebut kepada Letnan Jenderal Vilay Lakhamphong sebagai Wakil Perdana Menteri Kementerian Keamanan Publik Laos, yang akan menjadi Ketua AMMTC ke-18 tahun 2024.

Sebagai Negara yang sudah resmi dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan AMMTC ke 18 dan memegang peran sebagai Ketua SOMTC ke-24 dan AMMTC ke-18 pada tahun 2024, Laos diharapkan akan meneruskan pencapaian ini dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut dalam upaya memerangi kejahatan transnasional di ASEAN.

Baca Juga:  Indonesia Menjadi Inspirasi Global Memerangi ancaman Terorisme

Pada kesempatan yang sama, diharapkan bahwa SOMTC dan AMMTC yang akan diadakan di Laos tahun depan dapat berjalan lancar serta menghasilkan ide-ide kreatif dan produktif dalam melawan kejahatan transnasional di kawasan Asia Tenggara.

Pada akhir acara penyelenggaraan AMMTC ke-17, Kapolri dan Menteri Keamanan Publik Laos menandatangani MoU baru tentang Kerja Sama Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional serta Pengembangan Kapasitas.

Penandatanganan MoU ini terjadi pada tanggal 21 Agustus 2023, setelah pertemuan pleno AMMTC ke-17 di Hotel Meruorah Labuan Bajo.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment