15 Keindahan Wisata di Nusa Penida yang Populer dan Wajib Dikunjungi

7 October 2022 - 17:21 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Nusa Penida menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan jika sedang bepergian ke Pulau Bali. Nusa Penida sendiri adalah pulau yang berada di bagian tenggara Pulau Bali.

Pada 2020 lalu, Nusa Penida mendapat predikat sebagai destinasi backpacker terbaik dari Hostelworld. Pulau yang dikelilingi banyak pulau kecil lainnya ini memiliki banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Ada 15 tempat wisata di Nusa Penida, Bali yang bisa jadi rekomendasi untuk liburan Anda. Pulau Nusa Penida yang dijuluki sebagai the Golden Egg of Bali atau telur emasnya Bali, sangat masyhur dengan keindahannya, sehingga jadi destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Bali.

Untuk ke Nusa Penida, wisatawan harus menyeberang dari daratan Bali. Jaraknya tidak jauh. Bisa menggunakan fast boat atau kendaraan pribadi.

Untuk fast boat, wisatawan akan menyeberang dari Pelabuhan Pantai Sanur. Di sana ada kurang lebih 19 operator kapal yang menyediakan jasa penyeberangan. Sedangkan untuk kendaraan pribadi, wisatawan harus menyeberang di pelabuhan di Klungkung.

Berikut 15 tempat wisata di Nusa Penida yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Angel’s Billabong
Billabong sendiri diambil dari bahasa Inggris yang bermakna ujung sungai buntu. Sebab, lokasi ini merupakan muara terakhir dari sungai yang ada di Nusa Penida. Wisatawan pun menjadikan tempat ini untuk berenang, dan menikmati sejuknya air.

Keindahan alam ini begitu membuat banyak orang tergoda. Namun, Anda dilarang keras bermain ketika air laut sedang pasang, karena ini bisa membahayakan nyawa Anda sendiri. Di mana saat pasang akan menembus karang-karang dan bisa jadi terbentur.

2. Pantai Atuh
Pantai ini juga menjadi dambaan bagi pencinta alam natural karena hadirnya bebatuan karang, dan alam yang masih asri menjadi pemandangan selama liburan di sini. Terlebih, bagi yang suka menikmati keindahan laut dari atas tebing.

3. Goa Giri Putri
Saat berada di pintu masuk, menampilkan goa dengan lubang yang cukup sempit untuk dimasuk banyak orang. Namun setelah menelusuri mulut goa dengan keindahannya.

4. Mata Air Tembeling
Pantai Tembeling dihimpit oleh bebatuan dan hutan serta jajaran tebing yang cukup curam. Maka dari itu destinasi pantai Tembeling jauh dari keramaian karena belum diketahui banyak wisatawan.

5. Pantai Suwehan
Pantai Suwehan memiliki daya tarik dari pemandangan laut biru yang dipadu dengan hamparan pasir putih yang begitu halus di kaki. Selain itu, Anda juga akan mendapati sebuah batu karang berbentuk segitiga.

6. Smoke Beach
Smoke Beach merupakan salah satu pantai di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya namanya yang unik, pemandangan di Pantai Smoke juga sangat eksotik.

7. Jembatan Kuning
Anda akan langsung dibawa dalam sebuah nuansa perairan yang banyak digunakan oleh para nelayan ataupun beberapa kapal kargo yang selalu berlalu-lalang di bawahnya.

8. Seganing Waterfall
Air terjun ini berada di kawasan perbukitan yang kering, tersembunyi di bawah sebuah tebing curam dan berbatasan langsung dengan laut,

9. Manta Point
Manta Point menjadi tempat spot tercantik di mana habitatnya bersanding indah dengan terumbu karang, dan kebersihan lautnya.

Sering kali beberapa kelompok ikan pari datang ke permukaan sehingga akan mempermudah snorkelers dalam melihat kecantikan ikan pari menari di atas laut.

10. Temple Point
Menghadirkan patung-patung tersebut merupakan sebuah peninggalan bersejarah dan telah berada di dalam air lebih dari 100 tahun.

11. Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies Nusa Penida namanya. Kawasan ini menawarkan pemandangan yang epik banget, karena terdapat bukit-bukit kecil mirip lokasi syuting serial anak-anak, Teletubbies.

Hamparan rerumputan hijau yang dapat memanjakan mata Anda. Udaranya pun juga segar bisa membuat suasana liburan menjadi lebih menyenangkan.

12. Crystal Bay Beach
Pasir putih dan juga birunya air laut membuat pemandangan di destinasi wisata ini menjadi semakin menawan.

13. Pura Paluang
Pura Paluang adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga

14. Air Terjun Peguyangan
Air terjun ini memiliki pesona menawan, banyak traveler bilang jika destinasi ini merupakan Spa Alami karena terdapat sebuah kolam renang kecil yang terbentuk dari bebatuan alam. Air yang turun dari batu juga bisa memberikan pijatan ke tubuh Anda karena debit airnya cukup deras.

15. Gala-Gala Underground House
Rumah ini dibangun oleh seorang petapa yang hanya menggunakan peralatan sederhana selama 15 tahun.

Sumber : travel.okezone.com

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment