Wujudkan Layanan Kesehatan Primer, Menkes Bakal Lengkapi Fasilitas Puskesmas dan Posyandu

21 October 2022 - 15:38 WIB
Foto : (sehatnegeriku.kemkes.go.id)

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Guna meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat, Kementerian Kesehatan akan melengkapi kebutuhan Puskesmas dan Posyandu mulai dari alat kesehatan, obat-obatan, hingga tenaga kesehatan.

“Alat kesehatan di Puskesmas dan Posyandu akan dilengkapi, kader-kadernya akan diperhatikan, tenaga kesehatannya akan kita isi, dan mudah-mudahan nanti akan membuat kesehatan di Indonesia lebih baik,” terang Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Menkes, pemenuhan kebutuhan di Puskesmas dan Posyandu merupakan upaya dari integrasi layanan primer (ILP) dalam mewujudkan transformasi layanan primer di Indonesia.

Baca juga : Menkes RI Tinjau Pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat di Kota Kupang 

Saat ini lanjut Menkes, program kesehatan lebih mengarah kepada bagaimana orang sakit itu disembuhkan. Padahal yang terpenting adalah menjaga masyarakat tetap sehat.

“Jadi bukan menyembuhkan yang sakit tapi menjaga masyarakat agar tetap sehat,” jelas Menkes Budi Gunadi.

Menkes menambahkan, cara paling mudah menjaga agar masyarakat tetap hidup sehat salah satu syaratnya adalah memaksimalkan peran Puskesmas dan Posyandu. Jadi tugasnya fasilitas kesehatan masyarakat ini adalah melakukan pencegahan dan edukasi kepada masyakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat.

‘’Saya berpesan kepada kepada kader-kader Posyandu dan Puskesmas untuk mengedukasi masyarakat mengenai makanan supaya jangan terlalu banyak konsumsi garam dan gula. Ajak masyarakat lebih banyak bergerak, beraktivitas dan jangan takut untuk melakukan skrining kesehatan,’’ ujar Menkes.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment