Waspadai, Ini Cara Cegah Risiko Sakit pada Tulang Ekor

23 September 2024 - 18:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sakit tulang ekor merupakan rasa sakit yang terjadi di dalam dan di sekitar tulang segitiga kecil, yang letaknya berada di paling bawah tulang belakang.

Sakit yang muncul biasanya disebabkan karena trauma, misalnya saat jatuh, duduk terlalu lama di permukaan yang keras atau sempit, perubahan sendi degeneratif, atau pasca persalinan normal.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (22/9/24), berikut sederet cara mencegah resiko sakit pada tulang ekor, antara lain:

1. Hindari risiko terjatuh

Contohnya dengan memastikan lantai dan jalur berjalan tidak terdapat benda, puing-puing, dan kabel yang memungkinkan kamu jatuh dan tersandung. Pastikan juga semua tangga memiliki penerangan yang baik. Hindari berjalan sambil melihat ponsel.

2. Hindari aktivitas berisiko tinggi

Hindari aktivitas yang berisiko tinggi memperburuk gejala. Contohnya seperti bersepeda atau duduk dalam waktu lama.

3. Perhatikan postur tubuh saat beraktivitas

Selalu perhatikan postur tubuh saat melakukan aktivitas. Pertahankan postur tubuh yang baik terutama saat duduk, berdiri, atau berjalan.

4. Mengontrol berat badan

Kelebihan berat badan akan menekan area tulang belakang hingga ke tulang ekor. Kondisi ini membuat bantalan tulang ekor mengalami gesekan, sehingga perlindungan terhadap tulang pun berkurang.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment