Waspada Sejak Dini, Tanda-tanda Ginjal Tidak Sehat Pada Tubuh

28 November 2023 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Berikut gejala fisik yang menjadi tanda-tanda ginjal tidak sehat yang perlu diwaspadai. Ginjal sendiri adalah salah satu organ penting manusia untuk menyaring racun dalam darah, Senin (27/11/23).

Jika fungsinya terganggu dan tak bekerja dengan baik, racun di dalam tubuh akan berkembang dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya.

Dilansir dari health.detik.com, berikut gejala-gejala ginjal tidak sehat agar terhindar dari risiko komplikasi yang serius di kemudian hari.

Gejala Ginjal Tidak Sehat :

1. Kelelahan yang Tak Kunjung Hilang
Rasa lelah dan lemas merupakan gejala ginjal tidak sehat yang kerap diabaikan. Dikutip dari laman National Kidney Foundation, rasa lelah yang tak kunjung hilang bisa disebabkan oleh penumpukan racun dan kotoran dalam darah yang tidak tersaring dengan baik. Kelelahan juga bisa disebabkan oleh menurunnya jumlah sel darah merah akibat penurunan produksi erytropoetin, hormon pembentukan sel darah merah yang diproduksi di ginjal.

Baca Juga: Bentrokan di Bitung, Polisi Ringkus 7 Pelaku Bentrokan, 1 Masih di Bawah Umur

2. Sering Buang Air Kecil
Sering merasa ingin buang air kecil, terutama di malam hari, bisa menjadi salah satu gejala ginjal tidak sehat. Ketika ginjal mengalami kerusakan, maka fungsi filtrasinya juga akan ikut terganggu dan bisa memicu sering buang air kecil. Selain itu sering buang air kecil, kerusakan pada ginjal juga bisa menyebabkan urine berbuih hingga muncul bercak darah pada urine.

3. Bengkak di Kaki
Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, khususnya di pergelangan kaki. Pembengkakan tersebut disebabkan oleh penumpukan sodium dan cairan di dalam tubuh. Selain penyakit ginjal, bengkak di kaki juga bisa gejala dari berbagai penyakit seperti jantung, hati, dan pembuluh darah kronis. Karenanya, gejala satu ini tidak boleh dianggap remeh.

4. Nafsu Makan Menurun
Salah satu gejala ginjal tidak sehat yang paling umum terjadi adalah penurunan nafsu makan. Tak jarang, nafsu makan yang menurun dianggap sebagai kondisi yang biasa saja. Padahal, kurang nafsu makan bisa saja disebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah akibat menurunnya fungsi ginjal. Jika nafsu makan tak kunjung membaik setelah beberapa waktu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih pasti.

5. Kram Otot
Kerusakan pada ginjal dapat menyebabkan kadar sodium, kalsium, potasium, dan elektrolit lain dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat memengaruhi fungsi otot dan sistem saraf yang kemudian bisa menimbulkan kram otot.

6. Kulit Kering dan Gatal
Kulit kering dan gatal bisa terjadi ketika ginjal tidak mampu membersihkan dan membuang racun di dalam darah secara optimal. Racun yang menumpuk itu dapat menyebabkan ruam yang membuat kulit menjadi gatal.

Ketika ginjal mengalami gangguan, maka sisa-sisa metabolisme tubuh akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, sesak napas dan kurang tidur.

Kerusakan pada ginjal juga membuat organ tersebut tak mampu lagi menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal ini dapat memicu terjadinya gangguan mineral dan tulang yang juga menyebabkan gejala kulit kering dan gatal.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment