Wajib Tahu, Ini Sederet Cara Alami Meredakan Gejala Ambeien

17 December 2023 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ambeien atau wasir merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi. Kondisi ini adalah pembengkakan pembuluh darah pada anus dan rektum.

Orang seringkali menyepelekan atau mengabaikan wasir tanpa pengobatan, padahal ada berbagai cara mengobati wasir yang bisa kamu upayakan.

Ingat, tanpa penanganan yang tepat, ambeien tetap bisa menghambat aktivitas sehari-hari pengidapnya. Agar ambeien tidak semakin parah, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengobati wasir secara alami.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (15/12/23), berikut sederet cara meredakan ambeien, antara lain:
Baca Juga: Tangani Penyebaran Virus, Dinas Kesehatan Sumsel Ajukan Permintaan 1.500 vial vaksin COVID-19

1. Banyak mengonsumsi asupan serat

Mengonsumi serat membantu kamu untuk melunakkan feses dalam pencernaan.
Hal ini membuat kamu tidak perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar sehingga menurunkan risiko ambeien.

Tak hanya itu, penting bagi pengidap ambeien untuk menerapkan pola makan yang tepat.

2. Berendam dengan air hangat

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala ambeien adalah berendam menggunakan air hangat.

Berendam di dalam air hangat selama setidaknya 15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari membuat gejala ambeien akan semakin membaik.

3. Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Cara mengobati wasir selanjutnya yaitu, pastikan kamu menggunakan pakaian dalam yang nyaman.

Hindari pakaian dalam yang terlalu kecil atau berbahan yang tidak menyerap keringat. Hal ini bisa memicu rasa gatal dan iritasi semakin memburuk.

4. Perbanyak air putih

Tak hanya asupan buah dan sayur, jangan lupa untuk memperbanyak asupan air putih setiap hari. Kebiasaan ini juga bisa membantu untuk melunakkan feses dalam pencernaan.

5. Mengoleskan lidah buaya

Tak hanya itu, cara mengobati wasir adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Sebab, lidah buaya memiliki kandungan zat antiperadangan yang dapat meredakan peradangan akibat ambeien.

Namun, hal yang perlu kamu, penggunaan tanaman herbal seperti lidah buaya untuk ambeien tidak dapat sembarangan. Pastikan untuk menggunakan lidah buaya alami, bukan krim lidah buaya agar hasilnya maksimal.

6. Kompres dengan garam epsom dan gliserin

Kamu juga bisa menggunakan campuran garam epsom dan gliserin untuk mengatasi ambeien. Campuran tersebut dapat kamu pergunakan sebagai kompres pada area yang meradang.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan garam epsom dan dua sendok makan gliserin.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada area ambeien dengan kain kasa, dan biarkan selama sekitar 15 menit. Ulangi setiap 4 hingga 6 jam sesuai kebutuhan.

7. Kompres dengan es

Ketika ambeien terasa sakit dan bengkak, kamu bisa menggunakan kompres dingin seperti es menghilangkan rasa sakitnya.

Namun, kamu mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut karena efek kompres dingin hanya bersifat sementara.

8. Mengoleskan tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil merupakan antiseptik alami yang dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan ketidaknyaman.

Minyak alami ini juga dapat membantu melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang rusak atau teriritasi.

Kamu dapat menggunakan tea tree oil bersamaan dengan perawatan alami lainnya, seperti lidah buah, untuk bantuan tambahan.

9. Mengoleskan minyak kelapa

Cara alami selanjutnya untuk meredakan gejala ambeien atau wasir yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke area pembengkakan.

Mengoleskan minyak kelapa dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan, dan dapat membantu mengurangi keinginan untuk menggaruk area yang terasa tidak nyaman.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment