Wajib Tahu, Ini Manfaat Buah Nanas Untuk Perempuan

27 January 2023 - 05:00 WIB
astronauts.id

Tribratanews.polri.go.id - Buah nanas memang sangat populer. Tidak sedikit orang Indonesia yang menyukainya. Buah yang memiliki perpaduan rasa asam, manis dan mengandung banyak memiliki kandungan vitamin, nutrisi serta mineral ini ternyata penting bagi kesehatan, terutama perempuan.

Baca juga : Beberapa Rekomendasi Makanan Keberuntungan Sambut Imlek

Dilansir dari pmjnews.com, Kamis (26/1/23), berikut manfaat nanas untuk perempuan:

1. Menurunkan risiko kanker payudara
Manfaat buah nanas untuk kanker payudara berasal dari kandungan enzim bromelain. Enzim ini membantu meningkatkan kinerja obat sisplatin untuk membunuh sel tumor payudara.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition & Metabolism (2019) menemukan, pemberian cuka nanas pada tikus membantu mengurangi perkembangan tumor payudara. Namun, efek ini belum diuji pada manusia. Terlebih, konsentrasi enzim bromelain dalam buah nanas kemungkinan terlalu kecil untuk memberikan manfaat yang signifikan.

2. Tingkatkan kesehatan tulang
Nanas memiliki kandungan mangan yang tinggi. Sehingga dapat membantu memperkuat tulang. Bagi Anda yang aktif berolahraga, kandungan serat pada nanas dapat melumasi sendi-sendi, sehingga tidak mudah rusak karena aktivitas fisik.
Selain itu, sebuah studi menunjukkan, konsumsi nanas yang tinggi vitamin C bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang dan menurunkan risiko osteoporosis pada wanita.

3. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah nanas bersifat sebagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit wanita. Vitamin C dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit. Radikal bebas sendiri umumnya terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

MSelain itu, zat gizi dalam nanas juga membantu mencerahkan kulit wajah. Vitamin C bisa menghambat kerja melanosit, yakni sel yang memproduksi pigmen warna kulit, mengurangi noda dan bintik hitam pada wajah.

4. Meningkatkan kesuburan
Nanas mampu meningkatkan kesuburan karena mengandung bromelain sebagai agen antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah) yang dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.
Dengan meningkatkan aliran darah ke rahim, ini dapat meningkatkan implantasi (proses menempelnya embrio di dinding rahim).

5. Memperkuat otot
Nanas adalah sumber valin dan leusin yang baik. Di mana keduanya merupakan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Wanita membutuhkan energi untuk menjaga kesehatan ototnya. Satu gelas jus nanas setiap hari akan membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment