Wajib Dicoba, Ini 9 Bahan Dasar Jus Detox yang Menyehatkan Tubuh

9 December 2023 - 06:45 WIB
Cosmopolitan

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Jus detox memiliki manfaat bagi tubuh. Jus buah atau sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral lengkap, seperti serat, zat besi hingga protein dan juga kalsium. Jus detox dapat dibuat dari sayuran hijau ataupun buah-buahan.

Baca Juga : Gelar Rapat Bersama, Srena Polri dan Kompolnas Bahas Arah Kebijakan di 2024

Dilansir dari buku 40 Variasi Minuman Sari Buah dan Sayuran Berkhasiat Detox Juice oleh Greiche Dian, Jumat (8/12/23), berikut sederet buah dan sayur yang bisa menjadi bahan dalam pembuatan jus detox.

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sering digunakan untuk pembuatan jus detox. Sayuran ini mempunyai rasa manis, masam dan gurih.

Kandungan fitonutrien dalam bayam berfungsi sebagai antiradang adan juga antikanker. Selain itu, bayam juga mengandung lebih dari 200% vitamin K yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan menurunkan tekanan darah.

2. Bokchoy

Bokchoy mengandung antioksidan, serat dan betakaroten dari vitamin A yang terbukti mampu melawan kanker prostat, payudara, usus serta menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Cara terbaik mengonsumsi bokchoy adalah secara mentah.

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan enzim glucosinolates, yaitu enzim yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Sehingga, bokchoy sangat cocok menjadi bahan untuk jus detox.

3. Selada Romaine

Selada romaine mengandung antioksidan, kaya serat, riboflavin, vitamin A, B6, dan vitamin C. Selain itu, selada juga mengandung kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium.

Mengonsumsinya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah kanker. Kamu bisa menggunakan selada biasa sebagai penggantinya.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung nutrisi tinggi seperti vitamin, A, C, dan K, serat, kalium, magnesium serta kalsium. Brokoli juga kaya dengan antioksidan dan juga mengandung komponen fitokimia glucosinolates, yaitu senyawa yang merupakan antikanker.

5. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi dan kanberi merupakan buah kaya antioksidan yang mampu melawan tanda-tanda penuaan dan gejala penyakit jantung. Selain antioksidan, buah beri juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, potasium dan kaya akan serat.

Stroberi dan bluberi mengandung antioksidan sehingga mampu mengurangi kolesterol dalam pembuluh darah.

6. Buah Berdaging

Salah satu buah yang memiliki banyak daging adalah pisang. Buah ini merupakan sumber potassium, serat dan vitamin C.

7. Buah Berbiji

Buah-buahan berbiji di antaranya adalah peach, plum, mangga, ceri, dan nektarin. Buah-buahan ini kaya dengan antioksidan, vitamin A, C dan juga potassium

9. Citrus

Buah-buahan citrus di antaranya ialah lemon, jeruk, dan juga jeruk nipis. Buah-buahan ini merupakan sumber vitamin C yang tinggi, kaya potassium dan asam folat.

Perlu diketahui, diet dengan mengonsumsi jus detox memang diklaim mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun seperti dijelaskan dokter spesialis gizi klinik dr Diana Suganda MKes, SpGK, pemenuhan nutrisi tidak seimbang hanya dengan minum jus.

Oleh karena itu, jangan lupa tetap konsumsi makanan dan minuman lain yang kaya nutrisi. Tentu saja diiringi olahraga dan gaya hidup sehat lainnya untuk menurunkan berat badan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment