Wajib Coba! Ini Sederet Asupan Putih yang Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh

10 April 2024 - 11:20 WIB
Aido Health

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Asupan berwarna putih rupanya memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh.

Berbicara tentang makanan yang dapat meningkatkan kekebalan, banyak orang beralih ke buah-buahan dan sayuran berwarna-warni. Sebab, makanan ini tinggi kandungan antioksidan.

Namun, ada makanan berwarna putih yang mendatangkan manfaat khusus. Bahkan, bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari bawang putih, kelapa, hingga yogurt masuk ke dalam daftar makanan putih yang menyehatkan.

Dilansir dari Times of India, Minggu (7/4/24), berikut sederet asupan putih yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, antara lain:

1. Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai bahan makanan yang baik untuk kesehatan, terutama meningkatkan kekebalan tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan sulfur berupa allicin.

Baca Juga: Pemuda Non-Muslim Lakukan Pengawalan Pawai Malam Takbiran di Kota Kupang

Bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu menangkal infeksi dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah atau matang ke dalam makananmu. Bawang putih ini akan memperkuat pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

2. Bawang bombai

Bawang bombai juga memiliki kemiripan dengan bawang putih. Keduanya mengandung allicin dan senyawa penambah kekebalan serupa.

Bawang putih juga sangat tinggi quercetin, antioksidan kuat yang memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi.

Menambahkan bawang bombai ke dalam masakan, seperti ke tumisan atau sup mampu memberi manfaat kekebalan ekstra.

3. Kembang kol

Kembang kol juga berwarna putih dan mengandung khasiat untuk tubuh.

Kembang kol kaya nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kembang kol juga kaya vitamin C dan antioksidan yang mampu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel darah putih.

Selain itu, kembang kol mengandung serat baik untuk mendukung kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

4. Kelapa

Kelapa juga merupakan buah yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kelapa kaya akan nutrisi penambah kekebalan, seperti asam laurat, yang memiliki sifat anti mikroba dan antivirus.

Kelapa juga mengandung medium-chain trigliserida (MCT), berupa asam lemak yang telah terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Menambahkan kelapa, seperti santan, parutan kelapa, atau minyak kelapa, bisa memberikan tambahan yang lezat serta baik untuk tingkatkan kekebalan.

5. Jamur

Banyak jenis jamur aman dimakan. Namun, untuk mendapat fungsi kekebalan tubuh, kamu bisa konsumsi jamur berwarna putih.

Misalnya, jamur enoki dan maitake yang terkenal mampu meningkatkan kekebalan. Jamur ini mengandung beta-glukan, senyawa yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan mengaktifkan sel darah putih.

Kamu bisa memasukkan jamur ke dalam makanan, seperti sup dan tumisan. Sebagai pilihan lebih sehat, jamur juga bisa dinikmati sebagai pengganti daging.

6. Lobak

Lobak putih juga termasuk ke dalam makanan putih yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayuran padat nutrisi ini mengandung vitamin C dan antioksidan esensial, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan mendukung produksi sel darah putih dan melawan patogen berbahaya.

Lobak putih juga mengandung senyawa glukosinolat yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

7. Greek Yogurt

Greek yogurt kaya probiotik yang dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan mempromosikan keseimbangan bakteri usus sehat.

Probiotik dalam yogurt ini juga membantu memperkuat pelindung usus, mencegah patogen masuk ke dalam tubuh.

Greek yogurt juga tinggi kalsium, protein, dan rendah kalori sehingga mampu menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment