Tomat Buah Sehat Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

2 February 2023 - 07:00 WIB
Fimela.com

Tribratanews.polri.go.id - Tomat menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Selain untuk masakan, tomat juga bisa dijadikan camilan dan dikonsumi secara mentah.

Buah merah ini ternyata dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan. Kulit, biji dan daging tomat bisa dikonsumsi karena banyaknya manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Baca juga : Wajib Tahu! Berikut Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan

Dilansir dari liputan6.com, Rabu, (1/2/23), berikut manfaat tomat untuk kesehatan tubuh :

1. Baik untuk jantung

Likopen adalah antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuh dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung, diabetes dan stroke. Likopen juga bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol “jahat,” serta tekanan darah. Sehingga peluang terkena penyakit jantung juga bisa berkurang.

2. Bisa melindungi kulit

Menurut penelitian, tomat bisa membantu dalam perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko terbakar sinar matahari. Para peneliti percaya ini, karena tingginya konsentrasi karotenoid yang merupakan komponen likopen.

3. Meningkatkan penglihatan

Penelitian juga menunjukkan nutrisi tomat dapat melindungimata dari penyakit, seperti katarak. Selain itu juga mendukung kesehatan penglihatan secara keseluruhan.

Tomat mengandung zat, khusunya zeaxanthin dan lutein, yang bermanfaat dalam melindungi penglihatan dari cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat digital seperti smartphone. Zat tersebut juga berperan dalam mengurangi sakit kepala karena kelelahan mata.

4. Memperkuat tulang

Tomat bisa meningkatkan kesehatan tulangmu. Sumber zat penguat tulang yang dalam tomat, di antaranya vitamin K dan kalsium yang tidak hanya bisa menjaga tulang dalam kondisi yang baik, tapi juga membantu memperbaiki jaringan tulang.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu

Likopen yang bertindak sebagai antioksidan bisa mengurangi molekul yang disebut radikal bebas yang bisa merusak sel-sel yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya makanan yang kaya zat ini, seperti tomat, bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat atau perut.

6. Baik untuk menurunkan berat badan

Tomat bisa membantumu menurunkan berat badan. Karena tomat bisa menjadi m camilan rendah karbohidrat yang bagus untuk orang yang sedang berdiet. Tomat mengandung banyak serat dan air, yang bisa membuatmu merasa lebih kenyang.
Tomat juga bisa menjaga keseimbangan gula darahmu, yang merupakan kunci penurunan berat badan. Tomat juga mengandung kromium, yang membantu mengatur kadar gula darahmu.

7. Baik untuk paru-paru

Sifat antioksidan likopen bisa membantu menjaga kadar radikal bebas, melindungi tubuhmu dari masalah pernapasan.
Tomat mengadung beta-karoten yang dikenal bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, tomat bisa memperlambat penuaan paru-paru.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment