Tenggorokan Serasa Tak Nyaman, Mungkin Ini Penyebabnya

5 October 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pernahkah kamu merasa tenggorokan seperti ada yang mengganjal dan membuat tidak nyaman? Rasanya seperti sulit menelan makanan, bahkan minum air pun terasa menyakitkan. Kondisi ini bisa muncul sebagai gejala dari sakit tenggorokan.

Secara umum, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, seperti infeksi virus, bakteri, hingga cedera pada tenggorokan. Setelah mengetahui penyebabnya, perawatan yang tepat bisa segera diberikan untuk menghindari risiko terjadinya komplikasi akibat sakit tenggorokan.

Tak hanya sensasi rasa mengganjal, sakit tenggorokan juga bisa memicu rasa nyeri, tidak nyaman, serta kering pada tenggorokan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (3/10/24), berikut sederet faktor yang bisa menjadi penyebab tenggorokan terasa tak nyaman, antara lain:

1. Infeksi virus

Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah infeksi virus. Ada beberapa jenis virus yang sering menjadi pemicu kondisi ini, yaitu virus influenza, virus Epstein Barr, dan virus Paramyxovirus.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus, biasanya disertai dengan gejala lain seperti pilek dan batuk.

2. Infeksi bakteri

Tak hanya virus, infeksi bakteri juga bisa menjadi penyebab munculnya gejala sakit tenggorokan. Kelompok bakteri yang paling sering menjadi pemicu kondisi ini adalah Streptococcus, yang juga merupakan bakteri penyebab strep throat.

Infeksi bakteri yang lebih serius juga bisa memicu terjadinya amandel (tonsilitis), dan infeksi jaringan di sekitar amandel (abses peritonsilar).

3. Alergi

Sakit tenggorokan dan sensasi mengganjal juga bisa muncul sebagai reaksi alergi. Biasanya, kondisi ini muncul saat seseorang terpapar zat alergen, seperti debu atau bulu binatang.

4. Iritasi

Iritasi bisa memicu rasa sakit dan sensasi rasa mengganjal di tenggorokan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan pedas dan minuman beralkohol.

5. Cedera pada tenggorokan

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan cedera pada tenggorokan, misalnya tidak sengaja menelan duri ikan, kebiasaan berbicara dengan suara keras, serta berbicara dalam waktu yang lama.

Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal.

6. Gejala penyakit tertentu

Sakit di tenggorokan juga bisa muncul sebagai gejala penyakit tertentu. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya tumor atau kanker di rongga tenggorokan, penyakit asam lambung (GERD), serta infeksi HIV/AIDS.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment