Bisa Dicoba, Ternyata Makanan Laut Ini Kaya Akan Manfaat

3 October 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ada banyak jenis kerang yang bisa Anda konsumsi, seperti kerang abalon, kerang hijau, dan kerang tahu. Meski begitu, ada sebagian orang yang masih ragu-ragu untuk mengonsumsi kerang karena ada anggapan bahwa boga bahari ini mengandung merkuri yang sangat tinggi.

Asalkan Anda mengonsumsi kerang tahu tak lebih dari 12 ons atau 340 gram seminggu, maka dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, dan menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, kerang dengan cangkang mulus berwarna putih ini juga mengandung zinc, asam lemak omega-3, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Walau demikian, kandungan omega-3 pada kerang tahu tidak sebanyak yang terkandung pada ikan.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (1/10/24), berikut sederet manfaat kerang tahu yang ampuh menjaga kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menjalani diet untuk menurunkan berat badan, kerang tahu bisa dimasukkan ke dalam salah satu menu diet Anda. Hal ini karena kerang ini mengandung protein dan omega-3 yang mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak akan mengonsumsi kalori secara berlebih yang menjadi penyebab berat badan bertambah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan zinc pada beberapa jenis kerang, termasuk kerang tahu, mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara merangsang produksi sel darah putih.

Tak hanya itu, kandungan zinc ini mampu melindungi kerusakan sel akibat peradangan. Namun, manfaat kerang ini masih perlu melalui penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan kemampuan otak

Konsumsi kerang tahu secara rutin juga mampu meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kerang tahu mengandung omega-3 yang mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Meski begitu, penelitian tentang manfaat kerang tahu ini masih terbatas sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

4. Mencegah anemia

Kerang tahu juga bisa menjadi salah satu sumber zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi mampu mencegah anemia dengan cara meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi kerang tahu kurang lebih sebanyak sepertiga ons dalam 1 hari agar kebutuhan zat besi di dalam tubuh tercukupi dengan baik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi lainnya, seperti daging merah, sayuran hijau, dan tempe.

5. Menjaga kesehatan jantung

Makan kerang tahu secara rutin juga mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga detak jantung tetap teratur, menurunkan tekanan darah, dan membantu pembuluh darah agar tetap berfungsi dengan baik.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment