Tanaman Ini Beracun, Namun Bermanfaat bagi Tubuh

26 October 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pohon tuba merupakan tanaman rambat yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman ini memiliki racun di bagian akarnya dan sering digunakan nelayan sebagai racun ikan.

Meski begitu, pohon tuba juga mengandung nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat pohon tuba diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti flavonoid, isoflavon, quercetin, rotenone, dan ceramide.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (25/10/24), berikut sederet khasiat daun pohon tuba bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatasi diabetes

Ekstraks daun pohon tuba diketahui bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Ini karena pohon tuba memiliki kandungan quercetin dan ceramide di dalamnya. Quercetin diketahui memiliki sifat antidiabetes karena kemampuannya untuk mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Dengan begitu, kandungan ini juga bisa mencegah komplikasi akibat diabetes.

Sementara itu, kandungan ceramide pada daun tuba memiliki peran untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan flavonoid di dalamnya, daun pohon tuba bisa menjadi sumber antioksidan yang baik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, antioksidan juga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Namun, efektivitas flavonoid untuk meningkatkan daya tahan tubuh masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mengobati kudis

Manfaat pohon tuba lainnya yang tidak kalah menarik adalah untuk mengobati kudis. Manfaat ini diperoleh dari kandungan rotenone dan quercetin di dalamnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan senyawa tersebut dapat membasmi tungau penyebab kudis atau skabies.

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Tak hanya dapat mengobati kudis, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa pohon tuba juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini karena sifat antiradang pada senyawa flavonoid di dalamnya.

Tak hanya itu, manfaat ini juga diperkuat oleh kemampuan flavonoid dalam melawan radikal bebas sehingga ekstrak tumbuhan ini pun bisa menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker payudara dan kanker prostat.

5. Menurunkan tekanan darah

Pohon tuba juga bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Ekstrak dari akar pohon tuba diketahui mengandung quercetin. Manfaat ini didukung oleh berbagai penelitian yang menyatakan bahwa quercetin dapat memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment