Tak Hanya Obat-Obatan, Ini Bahan Alami yang Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

20 September 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Radang tenggorokan sering terjadi beserta dengan peradangan pada tonsil atau amandel. Penyebab umum dari kondisi ini adalah virus, meski pada beberapa kasus dapat juga terjadi akibat bakteri, seperti Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridans, dan Streptococcus pyogenes.

Radang tenggorokan juga dapat muncul akibat infeksi jamur. Pada radang tenggorokan akibat infeksi kuman tertentu, keluhan batuk, pilek, dan demam juga dapat muncul.

Oleh karena itu, gejala yang timbul juga menjadi sangat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Terdapat berbagai cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala radang tenggorokan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (19/9/24), berikut sederet bahan alami yang ampuh atasi radang tenggorokan, antara lain:

1. Perbanyak Minum Air Putih dan Istirahat

Obat alami terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan adalah memperbanyak minum air putih dan istirahat.

Jika merasa malas minum air putih, kamu bisa coba tambahkan sedikit perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan penyakit.

Radang tenggorokan juga kerap muncul bersama dengan gejala pilek. Mengonsumsi minuman hangat pun dapat membantu melegakan hidung dari sumbatan, sehingga kamu bisa bernapas lebih lega.

2. Kumur Air Garam

Berikutnya, kamu juga dapat mencoba berkumur dengan menggunakan air garam. Air garam dapat membantu melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga nyeri saat menelan pun bisa berkurang.

Lebih lanjut, garam dapat berfungsi sebagai penarik air dan pereda gejala. Garam dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara. Kamu bisa mencoba untuk berkumur air garam 2-3 kali sehari hingga gejala radang tenggorokan berkurang.

3. Mengonsumsi Madu

Madu yang sering menjadi pengganti gula juga bisa membantu mengatasi radang tenggorokan. Hal ini lantaran madu memiliki efek antibakteri dan antivirus.

Menurut studi dari Archives of Medical Research pada 2014, madu manuka terbukti dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi flu.

Mengonsumsi madu, baik secara langsung atau mencampurnya dengan minuman seperti air putih atau teh, terbukti efektif mengurangi produksi lendir dan mengurangi gejala batuk pada anak-anak. Perlu kamu ingat, sebaiknya pilihlah madu alami yang tidak mengandung tambahan zat lain.

4. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Uap dari air hangat tersebut dapat membantu melembabkan pita suara. Agar tubuh lebih relaks, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial atau aromaterapi.

Tak hanya itu, kamu dapat menggunakan humidifier atau alat untuk melembapkan udara di rumah. Karena ketika tidur di malam hari, tenggorokan cenderung lebih kering karena produksi air liur berkurang, sehingga peradangan akan bertambah parah.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment