Tak Hanya Hilangkan Seret, Ini 5 Minuman yang baik Dokonsumsi Usai Makan Berminyak

6 December 2023 - 08:30 WIB
Alodokter

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Makanan berminyak, seperti gorengan memang sangat nikmat. Tetapi, makanan berminyak mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang mampu menambah berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan seperti ini juga mampu meningkatkan kadar gula yang tidak terkendali.

Setelah makan makanan berminyak, tak hanya tenggorokan seret, kamu mungkin pernah merasa mual. Hal ini sebenarnya sangat biasa. Namun, jangan takut mengatasinya. Salah satu solusi terbaik menghindari rasa tidak nyaman di tenggorokan dan mual yaitu dengan minum minuman sehat.

Dilansir dari Times of India, Selasa (5/12/23), berikut sederet minuman yang cocok diminum setelah makan gorengan, sebagai berikut:

1. Air hangat

Air adalah obat paling sederhana untuk mengatasi masalah ini. Secara spesifik, direkomendasikan untuk mengonsumsi air hangat. Air dengan suhu ini dapat membantu pencernaan dengan mendorong pemecahan lemak.

Baca Juga: Wakapolda Sumbar Serahkan jenazah Korban Erupsi Gunung Marapi kepada Keluarganya

Minum air hangat setelah makan yang berminyak juga membantu tubuh memproses makanan berat dengan lebih efisien. Suhu hangat pada air mampu melemaskan otot-otot saluran pencernaan dan mengurangi rasa tidak nyaman atau kembung, yang berhubungan dengan makanan berminyak.

Air hangat juga mendorong sirkulasi darah dan membantu menghilangkan racun. Minum air hangat tidak hanya memberikan kelegaan terhadap tenggorokan, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan pencernaan.

2. Minuman atau sup detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan suatu proses alami organ tubuh dalam membuang racun dan zat-zat yang tidak diperlukan. Proses detoksifikasi bisa diperlancar dengan cara minum atau makan makanan detox.

Minuman dan makanan detox mampu menghilangkan lemak berlebih sehingga membantu organ hati memaksimalkan kerjanya untuk membuang racun di tubuh. Makanan atau minuman detox juga membantu menurunkan berat badan.

Kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, dan rempah membuat minuman ini mampu mendukung proses detoksifikasi alami tubuh. Konsumsi minuman ini membantu pencernaan, meredakan kembung, dan menyediakan vitamin penting.

3. Minuman probiotik

Minuman probiotik merupakan minuman yang kaya akan bakteri menguntungkan. Minuman ini mampu meningkatkan mikrobioma usus sehat.

Probiotik membantu pencernaan, membantu tubuh memecah lemak, dan mengurangi ketidaknyamanan yang sering dikaitkan dengan makanan berminyak. Memasukkan minuman probiotik dapat mendukung kesehtan penceraan secara keseluruhan.

Jenis-jenis minuman probiotik yang bisa dikonsumsi, seperti yogurt, kombucha, hingga kefir.

4. Teh jahe

Teh jahe juga dikenal baik untuk menetralkan tenggorokan dan tubuh setelah konsumsi makanan berminyak. Jahe sendiri merupakan bahan herbal dengan sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit perut atau mual setelah makan makanan berminyak.

Dalam Annal Of New York Academy of Science, jahe disebut dapat mencegah obesitas, serta menurunkan kadar kolesterol setelah konsumsi makanan berlemak.

Jahe juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis atau penumpukan lemak di pembuluh darah arteri yang erat kaitannya dengan penyebab masalah sakit jantung dan stroke.

5. Teh hijau

Tak hanya teh jahe, kamu bisa menikmati secangkir teh hijau yang dikenal kaya manfaat. Teh hijau mengandung antioksidan untuk membantu pencernaan dan mengurangi dampak makanan berlemak pada sistem pencernaan.

Konsumsi teh jahe dapat merangsang produksi enzim pencernaan, mendorong pemecahan lemak dan mengurangi rasa tidak nyaman. Kandungan kafein yang moderat juga memberi dorongan energi ringan tanpa efek gelisah. Teh hijau juga mengandung polifenol yang berkontribusi dalam kesehatan secara keseluruhan.

Menyeruput teh hijau setelah makan makanan berminyak tidak hanya mendukung pencernaan, tetapi juga menambah sentuhan yang menyegarkan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment