Selain Menyegarkan, Inilah Manfaat Es Jeruk Untuk Kesehatan

28 May 2023 - 07:15 WIB
Foto: Freepik

Tribratanews.polri.go.id - Es jeruk menjadi salah satu minum andalan beberapa orang saat cuaca ekstrem belakangan ini. Rasanya yang asam segar dengan tambahan bulir-bulir jeruk, dipercaya bisa menjadi pelepas dahaga.

Belum lagi kandungan nutrisinya, seperti vitamin C hingga kalium juga dipercaya baik untuk kesehatan. Meskipun ada beberapa pendapat juga menyebutkan jika minum es di cuaca panas tidak boleh.

Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi es jeruk, dilansir dari rri.co.id, antara lain:

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pemuda Todongkan Pistol di Bandung

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Mengonsumsi es jeruk murni bisa membantu anda dalam memenuhi kebutuhan vitamin C. Melansir dari jurnal Nutrients, nutrisi ini sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin ini juga membantu tubuh dalam meregenerasi sel yang sudah mati menjadi sel yang lebih sehat. Ketika vitamin C terpenuhi dengan baik, maka sistem imun tubuh akan berfungsi secara optimal.

2. Menghidrasi tubuh

Mengonsumsi es jeruk murni mampu membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh terhidrasi, maka temperatur tubuh akan terjaga dengan baik.

Serta membantu proses pencernaan makanan, hingga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Waspadailah juga terhadap tanda-tanda dehidrasi pada tubuh.

Contohnya seperti mulut kering, sakit kepala, penurunan frekuensi buang air kecil. Hingga kelelahan dan kurang energi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C, flavonoid, dan karotenoid dalam buah jeruk mampu meningkatkan kesehatan jantung. Dengan begitu, risiko gangguan kesehatan pada jantung akan mengalami penurunan.

Kadar kolesterol yang baik juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan jantung. Terdapat sebuah penelitian terkait hal ini dalam jurnal Lipids in Health and Disease.

Penelitian tersebut memuat 129 responden yang mengonsumsi jus jeruk murni dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hasilnya, kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa menurun.

4. Menurunkan risiko kanker

Buah sitrus, seperti jeruk juga bisa membantu kamu untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi buah jeruk bisa menurunkan beberapa risiko penyakit kanker.

Seperti kanker paru, perut, mulut, atau leher. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat jeruk dengan penyakit kanker.

5. Mencegah anemia

Mengonsumsi makanan sehat yang menjadi sumber vitamin C bisa menghindari kamu dari penyakit anemia. Vitamin C membantu penyerapan zat besi secara optimal yang bisa memengaruhi produksi sel darah merah sehat.

6. Mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin

Es jeruk bisa dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Mengonsumsi jeruk selama kehamilan sangat membantu dalam menjaga kesehatan ibu.

Kandungan folat dalam jeruk juga mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain jeruk, beberapa makanan sehat yang mengandung folat.

7. Menurunkan tekanan darah

Jika anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya cobalah untuk mengonsumsi jeruk sebagai camilan sehat setiap hari. Kandungan vitamin C dan potasium dalam jeruk bisa membantu untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah secara optimal.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada jeruk berguna sebagai antioksidan untuk mengoptimalkan kesehatan kulit. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C membuat kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment