Sangat Bermanfaat, Ini Sederet Herbal yang Dapat Redakan Sakit Perut Bagian Bawah

8 October 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti menstruasi, usus buntu, infeksi saluran kemih, hingga gangguan pencernaan. Kondisi ini memicu rasa tidak nyaman di perut, serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala sakit perut bagian bawah sebenarnya masih bisa kamu redakan, salah satunya dengan menggunakan bahan herbal. Bahan herbal banyak dipilih, karena dianggap efektif dan minim efek samping.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (6/10/9), berikut sederet herbal yang dapat membantu redakan sakit perut bagian bawah, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri pada bagian perut bawah. Terutama nyeri yang disebabkan karena kram menstruasi.

Ini karena, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat melemaskan kontraksi otot rahim, sehingga kram akibat menstruasi bisa mereda.

Kamu dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk kapsul atau menambahkannya ke dalam masakan.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu herbal yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk sakit perut.

Tumbuhan herbal ini dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan meredakan kram pada perut.

Kamu bisa menambahkan irisan jahe ke dalam teh hangat, lalu minum di pagi atau sore hari untuk meredakan gejala nyeri perut bawah.

3. Chamomile

Chamomile bisa jadi pilihan obat herbal untuk meredakan sakit perut bawah. Bahan alami ini memiliki sifat antiradang dan penenang, yang efeknya dianggap mirip dengan aspirin atau ibuprofen.

Tak hanya itu, chamomile juga bermanfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan di perut, akibat kelebihan gas.

4. Lemon balm

Lemon balm atau Melissa officinalis merupakan tanaman herbal dari keluarga mint yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik.

Bahan alami ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri, serta rasa tidak nyaman akibat gangguan pencernaan seperti perut bergas, kembung, serta kolik.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi lemon balm dalam bentuk teh atau kapsul.

5. Jintan hitam

Jintan hitam atau black cumin seed memiliki efek antimikroba dan antispasmodik, untuk mengatasi gangguan pencernaan ringan seperti kembung, mual, serta diare.

Tak hanya itu, kandungan thymoquinone di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan dan meredakan nyeri di perut.

6. Peppermint

Peppermint jadi pilihan bahan herbal untuk meredakan nyeri perut bawah. Tanaman aromatik ini mengandung senyawa yang dapat membuat otot di sistem pencernaan menjadi lebih rileks, sehingga nyeri mereda.

7. Fennel

Fennel atau biji adas sudah sejak lama digunakan sebagai campuran obat tradisional. 
Bahan alami ini bisa bantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, meredakan gas berlebih, mengurangi peradangan usus, serta membantu meredakan nyeri atau kram akibat menstruasi.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan biji adas ke dalam teh atau makanan yang dipanggang.

8. Sage

Sage bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Contohnya seperti penurunan nafsu makan, perut kembung, sakit perut akibat gastritis, diare, hingga nyeri di perut bawah.

Sage bisa dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen kesehatan. Tapi kamu tidak disarankan mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya. Sebab kandungan senyawa thujone dalam sage bisa memicu kejang dan kerusakan organ hati jika berlebihan.

9. Licorice

Licorice atau akar manis mengandung glycyrrhizin, senyawa yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba.

Kamu bisa menggunakan tanaman herbal ini untuk membantu meredakan peradangan di saluran pencernaan, mengurangi sensasi rasa panas terbakar akibat GERD, dan meredakan kram pada perut.

10. Cinnamon

Cinnamon atau kayu manis mengandung senyawa yang bersifat antispasmodik yang dapat memberikan efek relaksasi di otot pencernaan.

Bahan herbal ini efektif untuk meredakan nyeri di perut bawah, terutama yang disebabkan karena kram menstruasi.

Cinnamon bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap berbagai olahan, contohnya sup atau pancake oatmeal.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment