Studi: Kerusakan Rambut Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

27 May 2023 - 06:45 WIB
Foto: Klasika

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sebuah studi baru yang dilakukan di Belanda mengungkapkan adanya kaitan kondisi rambut dengan kemungkinan adanya penyakit jantung pada seseorang, yang disebabkan masalah hormon stres.

Masalah hormon stres sering tandai kondisi rambut buruk, kuku terkelupas, atau kulit pecah-pecah. Fenomena tersebut juga bisa menjadi indikasi serius tentang masalah kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Medicaldaily, Jumat (25/5/23), hormon stres pada rambut dan kulit kepala bisa memprediksi kemungkinan seseorang menderita serangan jantung atau stroke.

Sebagai bagian dari penelitian, para peneliti menganalisis data dari tingkat hormon di rambut dan kulit kepala pada lebih dari 6.000 sampel rambut yang diperoleh dari pria dan wanita dewasa.

Baca Juga:  Waspada, Gunung Karangetan Keluarkan Awan Panas Ancam 3 Desa

Sampel rambut itu dianalisis dan ditindak lanjut selama lima sampai tujuh tahun. Hasilnya, ditemukan setidaknya 133 kejadian penyakit kardiovaskular selama masa studi.

Individu dengan peningkatan kadar hormon kortisol dan kortison berisiko dua kali lipat mengalami penyakit kardiovaskular. Tapi bagi yang berusia 57 tahun ke atas, tidak ada hubungan kuat antara kortison rambut dan kadar kortisol dengan penyakit kardiovaskular.

Penulis studi dari Pusat Medis Universitas Erasmus di Rotterdam, Prof. Elisabeth van Rossum mengatakan, para peneliti berharap analisis rambut berpotensi berfungsi sebagai tes untuk membantu dokter dalam mengidentifikasi individu yang berisiko tinggi penyakit kardiovaskular untuk menghasilkan pendekatan pengobatan baru di masa depan.

"Harapan kami adalah bahwa analisis rambut pada akhirnya terbukti bermanfaat sebagai tes yang dapat membantu dokter menentukan individu mana yang mungkin berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular," jelas Elisabeth.

"Kemudian, mungkin di masa depan penargetan efek hormon stres dalam tubuh bisa menjadi metode baru target pengobatan," lanjutnya.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment