Inilah Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

26 May 2023 - 21:00 WIB
Foto: Suara.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Manfaat susu kambing memang tak bisa dipisahkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika dibandingkan dengan susu sapi (nabati), susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, terutama protein dan kalsium.

Inilah beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh yang perlu ketahui, seperti dilansir dari alodokter.com, Kamis (25/5/23):

Baca Juga:  Humas Polri Suarakan Perlindungan Pers Lewat Dialog

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu kambing diketahui memiliki manfaat yang potensial dalam menjaga serta menguatkan tulang dan gigi. Hal ini karena susu kambing mengandung kalsium yang cukup banyak. Dalam satu gelasnya (± 235 ml) terdapat sekitar 330 mg kalsium.

2. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Selain memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut, protein susu kambing dinilai lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi.

Tak hanya itu, susu kambing juga mengandung prebiotik yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik agar jumlahnya tetap terjaga demi kesehatan sistem pencernaan.

3. Meringankan gejala psoriasis

Sebagian penderita psoriasis merasa mengalami perbaikan gejala setelah mengganti asupan susu sapi dengan susu kambing dan menggunakan produk berbahan susu kambing. Namun, hingga kini belum ada penelitian yang menerangkan efek tersebut secara rinci.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Selenium merupakan komponen penting dalam menjalankan fungsi sistem imun. Susu kambing diketahui mengandung selenium yang cukup banyak ketimbang susu sapi. Maka, manfaat yang dirasakan ketika imunitas tubuh bekerja dengan baik adalah dapat mencegah serangan penyakit.

5. Mencegah penyakit kardiovaskular

Susu kambing diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda. Selain itu, trigliserida rantai sedang (MCT) yang cukup potensial daripada susu sapi.

Karena kandungan tersebut, manfaat susu kambing lainnya adalah dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, serangan jantung, stroke dan penyakit jantung koroner.

Tak hanya itu, tingginya kandungan kalium dalam susu kambing juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment