Alami Sakit Lutut dan Sendi, Ini Sederet Obat Herbal yang Dapat Mengatasinya

20 July 2024 - 08:00 WIB
Naturemed

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sakit lutut dan sendi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di berbagai kalangan usia. Masalah ini bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meskipun terdapat banyak obat-obatan kimia yang tersedia untuk mengatasi masalah ini. Namun, beberapa orang mungkin lebih memilih menggunakan obat herbal sebagai alternatif.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/7/24), berikut sederet obat herbal yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi sakit lutut dan sendi, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan herbal yang penggunaannya sering terdapat pada masakan dan obat-obatan tradisional.

Bahan herbal ini mengandung senyawa kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik, untuk bantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada lutut atau sendi.

2. Jahe

Jahe juga menjadi salah satu bahan herbal yang sering terdapat dalam masakan dan obat-obatan tradisional.

Kandungan senyawa gingerol pada jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik, yang bisa bantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada lutut serta sendi.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Ini merupakan bahan alami yang mengandung senyawa antiinflamasi untuk bantu meredakan peradangan pada lutut dan sendi.

4. Daun Salam

Menurut laman resmi Fakultas Kedokteran UMSU, daun salam dianggap sebagai salah satu bahan alami untuk atasi nyeri sendi, memar, nyeri otot, keseleo, dan radang sendi. Ini berkat kandungan senyawa antiinflamasi di dalamnya yang bisa mengurangi gejala peradangan.

Tak hanya itu, ada juga kandungan magnesium di dalam daun salam yang bermanfaat untuk memastikan fungsi otot dan saraf tubuh berjalan optimal.

5. Temulawak

Temulawak jadi salah satu pilihan obat herbal untuk atasi sakit lutut dan sendi. Temulawak memiliki kandungan senyawa kurkumin yang bersifat antiinflamasi dan analgesik. Senyawa tersebut bisa mengurangi terjadinya peradangan dan meredakan rasa sakit di lutut dan sendi.

6. Daun Sirsak

Obat herbal yang ampuh untuk atasi sakit lutut dan sendi berikutnya yaitu daun sirsak. Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di lutut serta sendi.

Tak hanya itu, kedua kandungan tersebut juga bisa meningkatkan sistem imunitas, serta mencegah terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh. Sehingga nantinya, tubuh kamu lebih sehat dan bugar.

7. Pegagan

Selanjutnya ada daun pegagan atau yang banyak dikenal sebagai Centella Asiatica. Tanaman berwarna hijau ini banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi peradangan dan nyeri sendi.

Hal ini karena, di dalam daun pegagan terkandung senyawa antiradang dan antioksidan yang bisa meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita radang sendi atau osteoarthritis.

8. Boswellia

Boswellia atau yang banyak dikenal sebagai kemenyan India, merupakan herbal resin dari pohon boswellia. Ekstrak dari boswellia diketahui mengandung sifat antiinflamasi, yang dapat mengatasi peradangan atau nyeri pada lutut dan persendian.

Dengan menggunakan boswellia, diharapkan proses peradangan dalam tubuh bisa mereda, serta jaringan yang meradang bisa mengecil.

9. Kayu Putih

Terakhir ada kayu putih atau eucalyptus yang sudah sejak lama dipercaya sebagai herbal berkhasiat. Ekstrak daun kayu putih, banyak digunakan sebagai obat topikal untuk mengurangi nyeri radang sendi.

Tak hanya itu, di bagian daun kayu putih juga terkandung tanin, yang bisa bantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang berhubungan dengan radang sendi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment