Pola Makan Sehat Selama Berpuasa, Berikut Tipsnya

10 March 2023 - 07:40 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pola makan menjadi satu hal yang terjadi selama berpuasa nanti karena harus membatasi dan tidak boleh makan maupun minum dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, memperoleh zat gizi yang cukup dan lengkap begitu penting dipenuhi. Baik ketika sahur maupun berbuka puasa, apalagi sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Ramadan.

Baca juga : Bagi Penderita Asam Lambung, Inilah Pilihan Minuman Segar yang Sehat untuk Berbuka Puasa

Untuk itu badan tentunya memerlukan asupan makanan yang baik bagi tubuh. Berikut ini sejumlah pola makan sehat yang bisa diterapkan selama berpuasa, seperti dilansir dari rri.co.di, Kamis (9/3/23).

Ketika Sahur
1. Konsumsi makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks tinggi. Seperti buah, sayur, dan whole wheat, pada saat sahur dapat membantu memperpanjang rasa kenyang selama berpuasa.
2. Hindari makanan yang asin, cepat saji, pedas atau acar. Karena mengonsumsi makanan tersebut akan meningkatkan rasa haus sesaat berpuasa.
3. Perbanyak asupan cairan, baik dari air putih ataupun makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah, sayur dan sup.
4. Usahakan untuk konsumsi makanan sahur sekitar setengah jam sebelum imsak.

Saat Berbuka Puasa
1. Anda disarankan untuk minum segelas air dahulu sebelum mengonsumsi makanan. Hal itu untuk optimalkan asupan cairan karena tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa, minimal 10 gelas/hari.
2. Berbuka dengan perlahan untuk menghindari sakit perut saat berbuka. Sebaiknya tidak disarankan untuk langsung berbuka dengan makanan yang berat.
3. Pilihlah makanan dengan kandungan gula yang cukup serta rendah lemak. Itu untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama berpuasa ke normal.
4. Konsumsi makanan secukupnya dengan porsi yang tidak berlebihan.

(rz/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment