Perlu Tahu! Pentingnya Konsumsi Sayur dan Buah untuk Kesehatan

8 July 2024 - 06:45 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id -  Jakarta. Kesehatan merupakan kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Dalam upaya menjaga kesehatan, konsumsi sayur dan buah menjadi langkah penting yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari kemkes.go.id, mengenali dan mengaplikasikan pentingnya konsumsi sayur dan buah dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Penting juga bagi kita semua, terutama orang tua, untuk memperkenalkan kebiasaan makan sayur dan buah kepada anak-anak sejak dini. Ajarkan mereka untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap pagi, siang, dan malam. 

Manfaatkan setiap kesempatan di rumah untuk mengingatkan tentang pentingnya makan sayur dan buah.
Sayur dan buah merupakan sumber zat gizi mikro yang sangat diperlukan tubuh, mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan yang penting bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh. 

Beberapa vitamin dan mineral dalam sayur dan buah memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit tidak menular yang terkait dengan gizi, baik karena kelebihan maupun kekurangan gizi.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment