Perlu Diketahui, Ini Manfaat Tape Singkong Untuk Tubuh

25 April 2023 - 07:30 WIB
Foto: Alodokter

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tape atau peuyeum merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari fermentasi singkong. Proses fermentasi singkong dengan ragi menciptakan rasa tape yang manis dan sedikit asam dengan aroma alkohol yang ringan. Siapa sangka, tape singkong ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena di dalam tape singkong tersimpan kandungan nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh dan kesehatan organ pencernaan.

Berikut manfaat tape singkong untuk tubuh, ketika mengonsumsinya seperti dilansir dari alodokter, Senin (24/4/23):

1. Menghangatkan tubuh
Tape singkong sering dijadikan sebagai salah satu makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Kandungan alkohol yang ringan dari hasil fermentasi dengan ragi menjadi faktor utama yang memicu efek hangat pada tubuh setelah mengonsumsi tape. Hal ini membuat tape cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat tape singkong juga penting bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh. Proses fermentasi singkong dalam pembuatan tape dapat meningkatkan kandungan probiotik di dalamnya.

Kandungan tersebut penting untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Probiotik dapat melawan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri, baik di saluran cerna.

Baca Juga:  Libur Lebaran 2023, Kapolda Jatim Cek Lokasi Wisata Pastikan Pengunjung Terjamin Keamanannya

3. Mencegah konstipasi
Tape merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain kandungan probiotiknya, manfaat ini juga dapat diperoleh dari kadar air dan serat di dalamnya yang cukup tinggi. Konsumsi makanan tinggi air dan serat dapat melembutkan serta memadatkan tinja. Dengan begitu, tinja bisa dengan mudah dikeluarkan dan BAB menjadi lancar.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Sebagian besar faktor yang membentuk imunitas tubuh dapat ditemukan di usus. Oleh karena itu, sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci dari daya tahan tubuh yang kuat.
Konsumsi makanan fermentasi, seperti tape, dapat membantu usus dalam memecah makanan dan meningkatkan kadar probiotik yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Sebagai camilan sehat
Karena kandungan nutrisinya beragam, tape singkong cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat tape, Anda juga bisa mencampur atau mengolahnya sebagai hidangan penutup, seperti es buah, es cendol atau es krim.

6. Meningkatkan energi
Konsumsi tape juga dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Manfaat tape ini berasal dari kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya. Bahkan, kandungan karbohidrat pada singkong hampir setara dengan seporsi nasi.

Karbohidrat merupakan sumber bahan bakar utama tubuh yang akan diubah menjadi glukosa dalam darah. Glukosa inilah yang nantinya dapat memberikan tubuh energi untuk bergerak dan menjalankan berbagai aktivitas.

7. Mengatasi anemia
Manfaat tape singkong untuk mengatasi anemia diperoleh dari kandungan vitamin B12 di yang dapat meningkat selama proses fermentasi menjadi tape. Vitamin B12 baik untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment