Nyeri Tak Tertahankan? Ini 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

29 September 2023 - 06:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kebanyakan orang mengeluhkan gigi berlubang dikarenakan nyeri yang tidak tertahankan. Untuk mengatasinya, namun untuk meredakan nyeri sementara, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat sebelum Anda ke dokter gigi.

Saat sakit gigi, sebagian orang mungkin langsung mengonsumsi ibuprofen atau parasetamol yang merupakan obat pereda nyeri. Namun, di beberapa kondisi medis tertentu tidak bisa sembarangan minum obat, atau harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/9/23) berikut beberapa cara meredakan sakit dengan cara alami:

1. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan pertolongan pertama untuk menghilangkan sakit gigi. Air garam berperan sebagai disinfektan alami yang membantu membasmi kuman penyebab infeksi. Tak hanya itu, berkumur sendiri dapat melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan area mulut lainnya. Untuk membuat larutan garam, Anda dapat mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai cairan untuk kumur.

2. Berkumur larutan hidrogen peroksida

Selain itu, berkumur dengan larutan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan meredakan gusi berdarah.

Baca Juga:  Dahsyat, Ini 5 Khasiat Oil Pulling Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk mendapatkan manfaat ini, larutkan hidrogen peroksida 3 persen ke dalam air dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

3. Mengompres dingin

Menempelkan kompres dingin di area yang nyeri selama setidaknya 20 menit, dapat membuat area tersebut terasa kebas, sehingga rasa sakit mereda. Cara ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Anda dapat membuat kompres dingin dengan merendam handuk di air es, menggunakan ice pack, ice gel, atau es yang dibungkus dengan kain. Namun, hindari menempelkan es langsung ke kulit, untuk menghindari cedera pada kulit.

4. Menempelkan teh celup

Tanin yang terkandung dalam teh celup dapat membantu meredakan nyeri. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan varian teh mint. Kandungan mentol dalam teh mint dapat membuat area gigi berlubang terasa kebas dan menenangkan gusi sensitif, sehingga nyeri berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, simpan teh celup di dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya. Kemudian, tempelkan kantong teh di bagian gigi yang berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat sakit gigi berlubang di atas sayangnya hanya dapat meredakan sakit gigi untuk sementara waktu. Untuk itu, Anda harus tetap menjadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi.

Penanganan lebih awal dapat mencegah gigi berlubang berkembang semakin parah, serta mengurangi risiko infeksi dan gigi tanggal.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment