Musim Hujan Telah Tiba, Ini Sederet Racikan Susu dan Rempahan guna Tingkatkan Imunitas Tubuh

27 November 2023 - 06:45 WIB
Halodoc

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kondisi cuaca seperti ini bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lemah. Karenanya kondisi ini perlu waspada lewat pola makan.

Untuk menjaga sistem kekebalan, tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Antioksidan tersebut banyak dalam kandungan rempah-rempahan.

Dilansir dari Times of India, Minggu (26/11/23), berikut sederet racikan susu dan rempah untuk meningkatkan imunitas tubuh, antara lain:

Baca Juga: Kapolres Jaksel Imbau Orangtua Awasi Anaknya Tidak Keluyuran Diatas Jam 10 Malam

1. Susu Kunyit

Susu kunyit merupakan racikan minuman yang berasal dari India. Minuman berkhasiat ini terbuat dari susu yang diracik dengan rempah-rempahan.

Mulai dari kunyit, jahe, dan kayu manis. Minuman yang disebut juga sebagai golden milk ini memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan sistem imun.

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung antioksidan alami. Rutin minum susu kunyit bisa mengurangi peradangan dan melawan infeksi.

2. Susu Cokelat dan Kayu Manis

Susu kayu manis juga mampu meningkatkan sistem imun. Kamu juga bisa menambahkan kakao untuk meningkatkan rasa dan manfaat kesehatannya.

Kakao dikemas dengan antioksidan. Sementara dalam kayu manis terdapat kandungan berupa zat cinnamaldehyde yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Paduan kayu manis pada susu meningkatkan kandungan vitamin D yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Susu Chai

Chai merupakan rempah-rempahan aromatik yang berasal dari India. Chai ini umumnya diracik dalam campuran susu untuk menghasilkan racikan yang menyehatkan.

Chai kaya akan antioksidan yang perannya sama seperti kayu manis, jahe, dan kapulaga, yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rutin mengonsumsi susu chai bisa membantu melancarkan pencernaan dan memberikan perlindungan terhadap pilek dan flu.

4. Susu Almond Saffron

Saffron dikenal sebagai rempah-rempahan yang berasal dari bunga Crocus sativus, Rempah-rempahan ini dikemas dengan antioksidan dan sifat antibakteri.

Kamu bisa mencampurkan saffron ke dalam susu almond. Paduan keduanya akan memberikan manfaat kesehatan, yakni menjaga sistem imun agar tetap kuat.

Tak hanya itu, susu almond juga memberi manfaat karena adanya kandungan lemak sehat dan vitamin E yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

5. Susu Jahe

Susu jahe populer di Indonesia sebagai minuman sehat yang menghangatkan tubuh. Biasanya orang Indonesia minum susu jahe saat cuaca dingin.

Racikan antara susu dan jahe bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Jahe dikemas dengan antioksidan yang tinggi. Salah satunya ada gingerol.

Gingerol itulah yang berperan meningkatkan imunitas tubuh. Tak hanya itu, gingerol terbukti memiliki efek antiinflamasi yang dapat melawan radikal bebas.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment