Mewujudkan Udara yang Bersih, Ini 6 Cara Mengurangi Polusi Udara

4 September 2023 - 19:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polusi udara telah menjadi salah satu masalah lingkungan paling meresahkan di seluruh dunia, Penyebab polusi udara tidak hanya asap kendaraan bermotor. Asap pembakaran batu bara, hutan, dan sampah, maupun bau yang berasal dari produk pembersih rumah berbahan kimia juga bisa menjadi sumber polusi udara.

Menurut WHO, kualitas udara ideal memiliki konsentrasi partikel halus berukuran 2,5 mikrometer (PM 2.5) tidak lebih dari 5 µg/m3. Namun, nilai rata-rata konsentrasi PM 2.5 di sejumlah kota besar Indonesia sekitar 5 kali lipat lebih tinggi, dilansir dari alodokter.

Berikut ini adalah cara untuk mengurangi polusi udara :

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan Bermotor Bahan Bakar Fosil menghasilkan emisi gas buang yang mengandung berbagai zat berbahaya seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), dan partikel-partikel mikroskopis. Untuk mengurangi paparan polusi udara, kita dapat mengambil langkah-langkah seperti menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki.

2. Meningkatkan Efisiensi Energi

Industri dan sektor energi merupakan penyumbang besar polusi udara. Untuk mengurangi paparan polusi udara dari sumber-sumber ini, penting untuk meningkatkan efisiensi energi. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan teknologi yang lebih efisien, peningkatan isolasi bangunan, dan penggunaan sumber energi yang lebih bersih seperti energi surya dan angin. Selain itu, mendukung program efisiensi energi di tingkat pemerintah dan mengurangi pemborosan energi adalah langkah-langkah yang sangat penting.

3. Menyediakan Transportasi Massal yang Berkualitas

Mengembangkan sistem transportasi umum yang efisien dan nyaman dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan, oleh karena itu, mengurangi emisi polusi udara. Investasi dalam kereta bawah tanah, bus cepat, dan transportasi massal lainnya dapat membantu menggerakkan masyarakat menuju opsi transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:  Berikut Ini Beberapa Tas Etnik Berasal Dari Indonesia

4. Peningkatan Standar Emisi

Pemerintah dapat berperan penting dalam mengurangi polusi udara dengan mengenakan standar emisi yang lebih ketat pada industri, kendaraan, dan pembangkit listrik. Dengan mengharuskan perusahaan dan kendaraan mematuhi standar yang lebih tinggi, kita dapat mengurangi emisi yang merugikan kualitas udara.

5. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Pendidikan masyarakat tentang bahaya polusi udara dan cara-cara untuk menguranginya sangat penting. Kampanye informasi, seminar, dan program pendidikan dapat membantu masyarakat memahami konsekuensi polusi udara dan mengambil tindakan untuk menguranginya dalam kehidupan sehari-hari.

6. Pembangunan Kembali dan Revitalisasi Area Perkotaan

Pengembangan ulang kawasan perkotaan untuk lebih ramah lingkungan, dengan lebih banyak ruang hijau, transportasi yang efisien, dan penggunaan energi yang berkelanjutan, dapat membantu mengurangi polusi udara di perkotaan. Pembangunan yang berfokus pada kualitas udara dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk penduduk perkotaan.

Kesimpulan

Mengurangi paparan polusi udara adalah tugas bersama yang memerlukan kolaborasi antara individu, pemerintah, dan industri. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, meningkatkan efisiensi energi, menyediakan transportasi massal yang berkualitas, meningkatkan standar emisi, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan melakukan pembangunan ulang perkotaan, kita dapat berkontribusi pada upaya untuk meningkatkan kualitas udara dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Kita memiliki tanggung jawab bersama untuk melindungi lingkungan dan generasi mendatang dari dampak polusi udara yang merusak.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment