Mengkonsumsi Jus Tomat Ternyata dapat Menjaga Kesehatan Tubuh

27 May 2024 - 08:00 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Buah yang satu ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita, bukan hanya sebagai sayuran tetapi jua bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman jus dan jika dikonsumsi secara rutin bisa berimbas mulai dari organ tubuh bagian dalam hingga organ tubuh bagian luar.

Berikut manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan kulit
Kebaikan jus tomat dengan kandunga likopen bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan, dan Vitamin C dalam tomat juga membantu produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

2.Jantung tetap sehat
Jus tomat kaya akan kalium dan vitamin B, yang penting untuk kesehatan jantung. Kalium sendiri membantu mengontrol tekanan darah, sementara vitamin B6 membantu mencegah penumpukan homosistein, yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Tulang tetap sehat
Tomat mengandung vitamin K dan kalsium, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang.
Vitamin K membantu dalam penyerapan kalsium dan memperbaiki tulang, sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

4. Tinggi antioksidan
Tomat mengandung likopen, antioksidan kuat yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen sedniri membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Jaga bobot badan
Jus tomat rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, dan dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

6. Jaga sistem kekebalan tubuh
Tomat mengandung vitamin C dan A yang tinggi, yang keduanya penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, Sementara itu Vitamin C sendiri membantu dalam produksi sel darah putih, dan vitamin A menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir, yang merupakan garis pertahanan pertama melawan infeksi.

7. Melancarkan pencernaan
Jus tomat mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus yang teratur

8. Kesehatan mata
Tomat mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata.Vitamin A membantu menjaga penglihatan yang baik dan mencegah degenerasi makula dan katarak.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment