Leunca, Sayuran Hijau yang Kaya akan Manfaat

26 May 2024 - 12:44 WIB
Theasianparent

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Leunca masih kerabat dengan terong. Sayuran ini berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi ungu kehitaman setelah matang. Namun, masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi leunca yang berwarna hijau.

Tak hanya menambah rasa dan aroma di makanan, konsumsi leunca bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini berkat banyaknya nutrisi, termasuk antioksidan, yang terkandung di dalam leunca.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (25/5/24), berikut sederet manfaat leunca bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, zinc, dan beta karoten di dalam leunca dapat membantu meningkatkan sistem imunsehingga tubuh tidak mudah sakit. Tak hanya itu, protein di dalam sayuran ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan berkat perannya dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Menurunkan kolesterol

Leunca mengandung senyawa antioksidan, yaitu flavonoid, antosianin, dan polifenol, yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Senyawa tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat di dalam darah. Dengan begitu, risiko terjadinya aterosklerosis, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung dapat menurun.

Baca Juga: Hindari, Ini Sederet Asupan Pemicu Kelenjar Getah Bening Bengkak

3. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Leunca bisa menjadi pilihan makanan yang menyehatkan kulit. Protein, lemak, dan antioksidan pada leunca dapat membantu memperbaiki dan memperbarui jaringan kulit yang rusak. Dengan begitu, kulit menjadi lebih sehat dan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, bintik hitam, dan kulit kusam, dapat tersamarkan.

4.  Menjaga kesehatan mata

Sayuran leunca memiliki manfaat bagi kesehatan mata berkat kandungan beta karoten, vitamin C, serta zinc di dalamnya. Nutrisi tersebut dapat mengurangi peradangan pada mata serta menjaga fungsi kornea dan retina dengan baik, sehingga risiko terkena katarak dan degenerasi makula dapat menurun.

5. Mencegah osteoporosis

Konsumsi leunca termasuk salah satu cara untuk menguatkan tulang. Manfaat ini berkat kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Dengan begitu, risiko terjadinya osteroporosis dan patah tulang dapat menurun.

6. Mencegah perburukan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan adanya manfaat leunca mencegah perburukan beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, kanker payudara, dan kanker lambung. Leunca mengandung senyawa polisakarida, solamargine, antosianin yang dapat menekan perkembangan sel-sel kanker.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment